Selasa, 7 Mei 2024

Rizal Ramli Mantan Menko Kemaritiman Meninggal Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Rizal Ramli mantan Menko Kemaritiman didampingi sejumlah pengacara memberikan keterangan usai melaporkan dugaan korupsi dalam impor pangan ke KPK, Selasa (23/10/2018), di Kantor KPK, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kabar duka datang dari ranah politik Tanah Air. Hari ini, Selasa (2/1/2024), Rizal Ramli mantan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Tokoh politik berlatar ekonom itu mengembuskan napas terakhirnya pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatra Barat, 10 Desember 1954. Dia pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Karena ingin fokus mengabdi pada Bangsa dan Negara Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Rizal pernah menjabat Menko Ekuin pada era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Lalu, Joko Widodo Presiden juga pernah mengangkat Rizal sebagai Menko Kemaritiman periode 2014-2019. Tapi, di tengah jalan dia diberhentikan sebagai menteri.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
24o
Kurs