Sabtu, 20 Juli 2024

Satelit China Luncurkan Tangki Penyimpanan Pertama Hasil Cetak 3D

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Satelit China sebuah satelit uji coba teknologi komunikasi dan navigasi, berfungsi dengan baik, menandai penggunaan tangki penyimpanan hasil cetak tiga dimensi (3D-printing) China yang pertama mengorbit, demikian menurut China Aerospace Science and Technology Corporation. Foto: Antara

Sistem propulsi dingin pada Tiandu-2, sebuah satelit uji coba teknologi komunikasi dan navigasi dilaporkan berfungsi dengan baik, serta menandai penggunaan tangki penyimpanan hasil cetak tiga dimensi (3D-printing) China yang pertama mengorbit.

Melansir Antara, Kamis (11/4/2024), China Aerospace Science and Technology Corporation melaporkan sistem propulsi dingin tersebut baru-baru ini memberikan kontrol sikap orbit berpresisi tinggi untuk Tiandu-2 selama orbit lunar.

Hal ini sekaligus menandai keberhasilan dari pengaplikasian pertama sistem mikropropulsi udara dingin amonia cair, di bidang eksplorasi luar angkasa dalam. Sementara tangki penyimpanan itu merupakan komponen penting dari sistem propulsi satelit.

Sebagai komponen tekanan, tangki penyimpanan tersebut tidak hanya membutuhkan presisi tinggi dalam pembentukan dan tidak ada kebocoran, tetapi juga performa antikelelahan yang baik, yang memungkinkan pengisian dan pengosongan bahan bakar secara berulang-ulang.

Tim pengembangan dari China Aerospace Science and Technology Corporation menguasai sejumlah teknologi utama untuk menghubungkan berbagai komponen di dalam kotak penyimpanan melalui pencetakan tiga dimensi, yang memperpendek siklus pengembangan dan secara efektif mengurangi biaya.

Pada 20 Maret 2024, China meluncurkan satelit relai baru Queqiao-2 serta dua satelit uji coba teknologi komunikasi dan navigasi Tiandu-1 dan Tiandu-2. (ant/sya/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
23o
Kurs