Jumat, 3 Mei 2024

Satu-satunya Rumah Sakit yang Berfungsi di Jalur Gaza Berhenti Beroperasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi Rumah Sakit Kamal Adwan Setelah Serangan Israel. Foto: Anadolu Kondisi Rumah Sakit Kamal Adwan Setelah Serangan Israel. Foto: Anadolu

Rumah Sakit (RS) Kamal Adwan, satu-satunya RS yang masih berfungsi di Jalur Gaza utara terpaksa menghentikan operasional pada Rabu (28/2/2024) waktu setempat, akibat kelangkaan bahan bakar.

Dilansir Antara, Kamis (29/2/2024), Kementerian Kesehatan setempat menyatakan berhentinya operasional RS tersebut membuat warga tidak memiliki layanan kesehatan penting.

Pernyataan itu menyoroti bahwa penghentian total aktivitas rumah sakit terjadi karena langkanya bahan bakar sehingga tidak dapat mengoperasikan generator.

Akibatnya penduduk setempat tidak lagi dapat menjalani layanan dialisis, perawatan intensif, perawatan anak, penyakit dalam, perawatan kardiologi, bedah umum, serta layanan darurat semalam dan pediatrik, sebut pernyataan itu.

Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Jalur Gaza, membuat penduduknya berada di ambang kelaparan, terutama mereka yang berada di Gaza utara.

Selain Blokade, negara Zionis juga melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober. Bombardir Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan 30 ribu orang dan melukai lebih dari 70.000 orang, dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pengadilan itu pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan menjamin agar bantuan kemanusiaan sampai kepada warga sipil di Gaza. (ant/azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs