Senin, 17 Juni 2024

Sebanyak 90.132 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Arab Saudi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas membantu melayani jemaah haji Indonesia ketika mendarat di bandara. Foto: Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 90.132 orang jemaah haji Indonesia telah berada di Arab Saudi pada hari keempat belas operasional haji Indonesia, Sabtu (25/5/2024).

“Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada Jumat (24/5/2024) pukul 21:00 Waktu Arab Saudi atau Sabtu (25/5/2024) pukul 01:00 WIB, jemaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 90.132 orang,” kata Widi Dwinanda Petugas Media Center Haji (MCH), dilansir Antara.

Ia menjelaskan seluruh jemaah haji yang sudah tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jemaah yang terbagi ke dalam 229 kelompok terbang (kloter).

Selain itu, seluruh jemaah yang telah tiba, mendarat melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Di samping itu, dia juga mengumumkan bahwa hingga kini terdapat sebanyak 11 orang jemaah haji Indonesia yang dinyatakan meninggal dunia.

Sebagai informasi, Kemenag menyatakan seluruh jemaah haji yang meninggal dunia setelah masuk embarkasi dan sebelum keluar dari debarkasi akan mendapatkan asuransi dan akan dibadalhajikan.

Kemenag juga menyampaikan kepada seluruh jemaah haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, Kemenag juga mengimbau seluruh jemaah haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
25o
Kurs