Rabu, 26 Juni 2024

8.188 Jemaah Haji Indonesia Diterbangkan ke Arab Saudi pada Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dokumen - Rombongan jemaah haji naik bus, menuju Bandara Juanda untuk berangkat ke Arab Saudi, Senin (20/5/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 8.188 jemaah haji Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi, pada hari pertama gelombang II pemberangkatan jemaah calon haji Indonesia, Jumat (24/5/2024).

Seluruh jemaah calon haji yang tergabung ke dalam kelompok tersebut akan diterbangkan langsung menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, dan akan langsung bertolak menuju Makkah.

“Hari ini ada 21 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah jemaah haji 8.188 orang akan diterbangkan ke Jeddah,” kata Widi Dwinanda Petugas Media Center Haji (MCH), seperti dilansir Antara.

Secara rinci, ia menyebutkan seluruh jemaah haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, antara lain Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter, dan Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Selanjutnya Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 440 orang atau satu kloter, Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter, Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 440 orang atau satu kloter dan Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 orang atau dua kloter.

Kemudian, kata Widi, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.800 orang atau lima kloter dan Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 orang atau lima kloter. Selanjutnya, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter.

Selain itu, dia juga menyebut terdapat pula satu kloter terakhir jemaah haji yang diterbangkan ke Madinah, mereka adalah jemaah asal Embarkasi Solo (SOC) dengan jumlah 360 orang atau satu kloter.

“Sehingga total 22 kloter dengan jumlah jemaah yaitu 8.548 orang yang hari ini diterbangkan ke Tanah Suci,” tandasnya.

Diketahui, Kemenag menyampaikan kepada seluruh jemaah haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi, jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu Kemenag juga mengimbau kepada seluruh jemaah haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka SuperApp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji. (ant/ike/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
26o
Kurs