Minggu, 28 April 2024

Wamenparekraf Dorong Surabaya Susul Bali Jadi Destinasi Kuliner Ramah Pelaku Vegan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf ketika mengunjungi salah stan kuliner di Vegan Festival Indonesia di Surabaya, Kamis (25/1/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendorong Surabaya menyusul Bali menjadi salah destinasi wisata yang ramah pelaku vegan atau vegan lifestyle.

Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf menyebut, semakin hari pertumbuhan pecinta vegan lifestyle kian berkembang. Membuat potensi ini harus digarap.

“Ada pertumbuhan signifikan dari masyarakat mulai mengadopsi vegan lifestyle. Bali sendiri diakui salah satu destinasi wisata ramah pada pelaku vegan lifestyle. Di samping itu Vegan Festival (di Surabaya) sudah memecahkan rekornya sendiri (dengan) animo luar biasa (pengunjung dan UMKM). Ini yang harus digarap, terbukti secara riset bagus terhadap kesehatan dan lingkungan,” bebernya usai membuka Vegan Festival Indonesia di Surabaya, Kamis (25/1/2024) malam.

Ia berharap, vegan lifestyle bisa jadi salah satu pintu masuk Kemenparekraf meningkatkan perputaran ekonomi dan kunjungan wisatawan di Indonesia.

“Saya harap, bisa menginspirasi masyarakat Indonesia (agar) mulai melirik vegan lifestyle, dan melihat peluang ekonomi dan melakukan inovasi,” jelasnya lagi.

Khususnya Surabaya, tuan rumah Vegan Festival Indonesia juga diharapkan jadi destinasi kuliner yang mendukung vegan lifestyle.

“Bali kan sudah menjadi primadona destinasi wisata vegan diet. Harapannya tidak hanya Bali, siapa tahu Surabaya (menjadi) destinasi kuliner. Kita ke Surabaya ngapain sekarang? Kuliner kan. Ke depan (harus) dikembangkan sampai kuliner vegan,” tuturnya.

Tak sekadar berinovasi, Angela minta pelaku kuliner menepati standar produk vegan yang bernutrisi. “Agar masyarakat, bisa melirik dan menyukai vegan lifestyle,” tandasnya.

Diketahui, Vegan Festival Indonesia yang digelar di Surabaya pada 25-28 Januari 2024 diikuti 100 tenant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang vegan. (ita/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs