Sabtu, 27 April 2024

Wapres: Ramadan Momentum Perkokoh Persaudaraan Usai Dinamika Pemilu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI. Foto: Biro Pers Set Wapres

Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI mengatakan Ramadan 1445H/2024 merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh semangat persaudaraan kebangsaan, usai dinamika yang terjadi selama gelaran Pemilu 2024.

“Ramadan selalu menjadi momentum yang pas untuk mempererat silaturahim kita, memperkokoh ukhuwah islamiyah, persaudaraan antarumat Islam, persaudaraan antarsesama bangsa, dan persaudaraan antarsesama manusia,” kata Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutan dalam acara Tahrib Ramadan Setwapres di Jakarta, Kamis (7/3/2024), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Keadaan itu, lanjutnya, harus disadari serta disyukuri bersama dengan cara merawatnya hingga menjadi sebuah kekayaan yang membanggakan.

“Bangsa Indonesia baru saja melewati gelaran pesta demokrasi Pemilu 2024. Alhamdulillah, Pemilu 2004 terlaksana dengan aman dan damai,” kata Wapres.

Menurutnya pemilu pasti melahirkan perbedaan pilihan dan pandangan, tapi masyarakat tidak boleh membiarkan pemilu menjadi alasan retaknya tali persaudaraan antara sesama muslim dan sesama bangsa.

Menurut Wapres, tali persaudaraan yang kuat merupakan modal yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju menghadapi aneka tantangan dan persoalan di antara beragam ketidakpastian.

“Manusia tidak dapat mengetahui masa depan, namun kita mesti terus berikhtiar dan berbaik sangka terhadap segala ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT),” ujar Ma’ruf Amin.

Untuk itu, Wapres mengajak masyarakat untuk menyelipkan doa saat beribadah Ramadan untuk keselamatan dan kemajuan Indonesia.

Kepada para peserta Tahrib Ramadhan, Wapres mengajak untuk memanfaatkan momentum Ramadan sebagai sarana perenungan diri serta mengevaluasi seluruh kelebihan dan kekurangan yang terjadi.

“Apalagi manusia dikatakan oleh Allah, manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah sehingga kita perlu bergantung kepada Allah, berlindung kepada Allah,” pungkasnya. (ant/azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs