Selasa, 30 April 2024

Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Israel pada Masjid di Jabalia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga Palestina memeriksa lokasi serangan Israel terhadap sebuah rumah di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 19 Maret 2024. Foto: Reuters

Sejumlah warga Palestina tewas dan lainnya terluka pada Selasa pagi (16/4/2024) akibat serangan udara Israel yang menargetkan sebuah masjid di Jabalia, Jalur Gaza utara, menurut laporan WAFA, kantor berita resmi Palestina yang dikutip Antara.

Sumber medis yang dikutip Anadolu mengatakan sejumlah syuhada dan sembilan orang terluka diangkut ke Rumah Sakit Kamal Adwan di Jalur Gaza utara akibat serangan udara Israel yang menargetkan Masjid Martir Al-Fakhoura di sebelah barat kamp pengungsi Jabalia.

WAFA melaporkan kendaraan tentara Israel juga menyusup ke kota Beit Hanoun di Jalur Gaza utara, mengepung sebuah sekolah yang menampung para pengungsi dan menembaki mereka.

Sumber lokal melaporkan pemadaman layanan komunikasi dan internet di Beit Hanoun bertepatan dengan serangan pasukan Israel.

Kantor berita tersebut menambahkan tentara Israel terus menembakkan senapan mesin berat di sebelah barat kota Beit Lahia di Gaza utara, serta penembakan artileri di wilayah timur dan utara dari Jalur Gaza.

Hampir 33.800 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan hampir 76.500 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih dan obat-obatan.
Baca juga: Lebih dari 600 ribu anak di Rafah kelaparan di tengah serangan Israel

Sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituntut atas genosida di Mahkamah Internasional, yang pada Januari mengeluarkan putusan sela untuk memerintahkan Israel guna memastikan pasukannya tidak melakukan tindakan genosida dan menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs