Selasa, 28 Mei 2024

Wisma Jerman Kembali Adakan Road to Europe on Screen untuk Mengenalkan Isu Eropa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto bersama para perwakilan yang digandeng Road to Europe on Screen di Wisma Jerman, Jumat (19/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Road to Europe on Screen sudah berjalan sejak tahun 2019 di Wisma Jerman. Tapi, begitu ada pandemi Covid-19, program tersebut sempat berhenti.

Edisi tahun ini, Road to Europe on Screen menayangkan berbagai genre film dari Eropa, Wisma Jerman akan menayangkan setidaknya 75 film untuk menyambut Europe on Screen 2024.

Pemutaran Film Any Day Now asal Finlandia pada Road to Europe on Screen di Wisma Jerman, Jumat (19/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Dhahana Adi asisten Program Budaya Wisma Jerman mengatakan, pemutaran film eropa bukan semata-mata untuk menikmati film itu saja. Tapi, banyak hal yang bisa dipelajari dalam film eropa itu.

“Salah satunya, kita bisa mempelajari isu-isu yang ada di eropa,” ucapnya saat memberi sambutan pada Road to Europe on Screen di Wisma Jerman di Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/4/2024).

Road to Europe on Screen juga dihadiri perwakilan Europe on Screen dari Jakarta, dan perwakilan Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya.

Sementara itu, Pramenda Krishna perwaklian dari IFI Surabaya menjelaskan, tradisi seperti ini sudah berjalan puluhan tahun di Kota Surabaya.

“Dari dulu sudah berjalan di Surabaya, sekitar 25 tahun yang lalu,” katanya.

Dia menambahkan, adanya pengenalan film eropa bukanlah hal yang selalu negatif. Justru, kita bisa menilai cara komunikasi yang bagus dari aktor luar negeri.

“Kita amati public speaking-nya, juga film eropa mempunyai ciri khas dalam story telling-nya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Nauval Yazid F perwakilan dari Europe on Screen menyebut Road to Europe on Screen 2024 sangat spesial, karena juga digelar di kota lain.

“Untuk pertama kalinya di Jawa Timur kami bisa menggandeng mitra dan melakukan pemutaran film eropa di Surabaya, Sidoarjo, dan Malang,” jelasnya.

Nauval Yazid F (tengah) perwakilan Europe on Screen dari Jakarta saat memberikan penjelasan tentang Road to Europe on Screen di Wisma Jerman, Jumat (19/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Ke depan, dia berharap supaya Europe on Screen bisa menggandeng sekolah yang ada di Jatim untuk semakin memperdalam ilmu komunikasi dan jurnalis di program ekstra kulikuler.

“Nanti semoga ke depannya di Jatim bisa semakin berkembang. Bukan di kota besar saja, tapi bisa di kota-kota kecil seluruh Jatim,” tandasnya.

Sebagai informasi, film kedua Road to Europe on Screen akan tayang di IFI Surabaya pada, Sabtu (20/4/2024) pukul 16.00, dengan menayangkan Film My Big Night dari Spanyol.(man/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs