Jumat, 3 Mei 2024

Sambut Euro 2024, Wisma Jerman Surabaya Hadirkan Program Hiburan Kino Wochenende

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Dhahana Adi Asisten Program dan Budaya Wisma Jerman Surabaya di sela penayangan Film "Der Ganz Grosse Traum", Sabtu (16/3/2024). Foto: Ikke Magang suarasurabaya.net

Dalam rangka menyambut Euro 2024 yang digelar 14 Juni-14 Juli nanti, Wisma Jerman Surabaya menghadirkan program hiburan bertajuk “Kino Wochenende” atau sinema akhir pekan dengan tema sepak bola.

Pada pemutaran film pertama yang diadakan di Wisma Jerman, Sabtu (16/3/2024), film “Der Ganz Grosse Traum” arahan sutradara Sebastian Grobler berhasil memukau penonton selama dua jam.

Dhahana Adi Asisten Program dan Budaya Wisma Jerman ketika ditemui pada Sabtu (16/3/2024) mengatakan, penayangan film berlangsung setiap dua bulan sekali.

“Kami berharap memberikan semacam tontonan alternatif hiburan untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya sebagai pengisi akhir pekan. Selain itu, program ini untuk menyemarakkan EURO 2024 dimana Jerman menjadi tuan rumah,” kata Ipung sapaan akrabnya saat ditemui suarasurabaya.net

Film yang dipilih untuk penayangan adalah film-film ringan yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pengetahuan tentang budaya, sejarah, dan kehidupan sosial di Jerman.

Film “Der Ganz Grosse Traum” mengambil latar belakang tahun 1874. Kala itu seluruh aktivitas ditentukan dengan kondisi sosial, begitu juga dengan sekolah.

Seluruh siswa mendapatkan pendidikan disiplin tinggi. Siswa yang melanggar peraturan diberikan hukuman yang cukup keras bahkan ada ruang isolasi ruang bawah tanah sebagai tempat hukuman.

Cuplikan film “Der Ganz Grosse Traum” arahan yang ditayangkan di Wisma Jerman Surabaya, Sabtu (16/3/2024). Foto: Ikke Magang suarasurabaya.net

Cerita dalam film ini diangkat dari kisah nyata tentang Konrad Koch yang memperkenalkan sepak bola di Martino-Katharineum Gymnasiun, Braunschweig, Jerman.

Konrad Koch yang diperankan oleh Daniel Bruhl seorang aktor ternama Jerman, merupakan seorang guru baru di sekolah kecil di daerah Brunswick, Jerman.

Ia baru pulang dari Inggris dan berharap bisa menjadi pelopor guru bahasa Inggris di sekolah yang sangat konservatif tersebut.

Konrad Koch mengambil langkah baru untuk mengajarkan kedisiplinan dan kebersamaan melalui pelajaran bahasa Inggrisnya yang sedikit berbelok menjadi pelajaran olahraga, yaitu sepak bola.

Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang belum sempat di dengar oleh rakyat Jerman pada saat itu.

Meski dianggap sebagai sebuah olahraga cuci otak yang menyesatkan pada saat itu. Mamun Konrad Koch tetap setia mengajar murid-muridnya.

Menurut Konrad, melalui sepak bola tidak ada lagi kesenjangan sosial, si kaya dan si miskin bisa bermain berdampingan.

Selain itu, nilai-nilai moralitas yang tersimpan di olahraga ini, di mana fairplay adalah suatu pelajaran berharga yang bisa diaplikasikan ke semua aspek kehidupan. (ike/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs