Kamis, 18 April 2024

X Perluas Fitur Panggilan Audio dan Video ke Semua Pengguna

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi logo X, yang dulunya dikenal dengan Twitter. Foto: Gizmochina

Platform media sosial X, dikabarkan mulai memperluas cakupan fitur panggilan audio dan video kepada pengguna yang lebih banyak. Sebelumnya fitur itu terbatas hanya bisa dirasakan oleh pengguna yang berlangganan layanan premium.

Dilansir Antara dari Phone Arena, Minggu (25/2/2024), kabar itu pertama kali diketahui dari cuitan Enrique Barragan, salah satu orang di balik layar X.

Ia mengumumkan perluasan fitur itu melalui cuitan di akun X-nya sembari mengutip janji Elon Musk pada Januari 2024, yang menyebutkan fitur panggilan audio dan video akan tersedia bagi semua pengguna, ketika fitur tersebut sudah cukup stabil.

Langkah ini membawa X lebih dekat ke tujuan Elon Musk untuk menjadikan platform itu sebagai aplikasi super yang bisa menjawab kebutuhan layanan digital.

Adapun fitur panggilan baik audio maupun video mulai tersedia untuk pengguna X di iOS tahun lalu, diikuti oleh Android. Namun pada saat itu hanya pelanggan berbayar yang dapat menggunakannya.

Terkait cara kerjanya, lewat halaman dukungan resmi X, diketahui bahwa pengguna dapat mengontrol opsi panggilan audio dan video dari pengaturan Direct Message (DM). Dari sana, pengguna akan melihat secara default, bahwa mereka dapat menerima panggilan dari akun yang diikuti atau dari buku kontak pengguna.

Tentunya akses buku kontak dari X itu baru muncul saat pengguna mengizinkan aplikasi mengakses daftar kontak. Untuk menelepon pengguna lain, baik penelepon maupun penerima harus sudah melakukan kontak setidaknya satu kali melalui DM X.

Namun, ini tidak berarti bahwa pengguna tidak dapat mengizinkan panggilan dari semua orang di platform. Jika pengguna suka bertualang, maka ia dapat melanjutkan dan melakukannya dengan mengaktifkan opsi itu.

Selain itu, fitur panggilan yang diperbarui tidak langsung tersedia untuk semua pengguna.

X meluncurkan fitur ini secara perlahan untuk umum, kemungkinan besar dalam beberapa bagian, dan tampaknya fitur tersebut diaktifkan secara otomatis tanpa perlu diatur.

Jika pengguna tidak ingin membuat dan menerima panggilan di X, maka pengguna perlu masuk ke aplikasi dan menavigasi ke pengaturan DM-nya untuk mematikan fitur tersebut. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs