Jumat, 19 April 2024

Manfaat Pengelolaan Sampah Plastik

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
ilustrasi

#SSInfo #HPSN Christine Halim Ketua Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia ADUPI mengatakan, kita harus memilih dan memilah sampah sejak dari rumah. Antara organik dan anorganik, harus dipilah. Jangan membuang sampah menjadi satu bagian. Ini akan mengurangi cost pengelolaan sampah sampai 50 persen. Apalagi jika tindakan ini sudah didukung penuh oleh pemerintah daerah, maka program 3R akan lebih mudah dilakukan.

Sampah plastik nantinya akan dibawa ke pabrik daur ulang plastik. Bahkan tanpa kita sadari, sekarang banyak alat rumah tangga kita yang terbuat dari daur ulang plastik.

Untuk memilah sampah, awalnya memang sulit. Tapi kalau sudah terbiasa, semua akan terasa biasa saja. Apalagi jika sudah ada komitmen dari pengangkut sampah. Mereka akan lebih mudah mengangkut sampah hasil pemilahan.

Sebenarnya sudah banyak pihak yang berinisiatif untuk memilah sampah, tapi belum terkoordinasi dengan baik. Sehingga sampah yang sebetulnya sejak awal bisa dipilah, jadi percuma. Tapi Christine optimis, dengan banyaknya asosiasi peduli sampah, dan perhatian pemerintah, pemilahan dan pengelolaan sampah di Indonesia akan menjadi suatu kebiasaan. (odp-pr)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs