Senin, 29 April 2024

Belanda Kalah, Gareth Bale Bersinar

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Juara tiga Piala Dunia 2014, Belanda, diluar dugaan takluk dari tuan rumah Ceko 2-1, sedangkan Wales susah payah 2-1 berkat dua lesatan gol yang diborong pesepakbola termahal dunia, Gareth Bale, seperti yang dilansir BBC, Rabu (10/9/2014).

Pelatih Guus Hiddink mengawali kembalinya lagi ke kesebelasan Belanda dengan kekalahan 2-1 di tangan Republik Ceko, di Praha.

Belanda yang tak diperkuat bintang Bayern Muenchen Arjen Robben, ketinggalan 0-1 sejak menit ke 21, ketika gelandang Sparta Praha Bořek Dočkal melesatkan bola dengan tendangan yang membentur tiang dan masuk ke jala yang dikawal Jasper Cillessen. Di menit ke 55, Belanda menyamakan kedudukan melalui gol Stefan de Vrij.

Ketika Belanda merasa kedudukan akan berakhir seri, Václav Pilař mencuri gol kemenangan Ceko di menit terakhir –menit 90, memanfaatkan kesalahan para pemain belakang tim Oranye.

Sementara itu di Andorra, Wales ketinggalan lebih dulu 0-1 hanya enam menit setelah pertandingan dimulai, lewat gol penalti Ildefons Lima sesudah Neil Taylor menarik badan Ivan Lorenzo dalam kotak penalti.

Dikejutkan gol dini itu, Wales bertubi-tubi menyerang mengejar ketinggalan, mengandalkan bintang Real Madrid seharga 100 juta euro, Gareth Bale.

Hasilnya, di menit ke-22 Bale melompat tinggi untuk menanduk umpan lambung Ben Davies, dan bola bersarang di pojok gawang Andorra.

Kedudukan sama kuat 1-1 sangat tidak cukup untuk Wales yang selain diujung-tombaki pemain termahal dunia juga diperkuat para pemain yang berpengalaman di berbagai liga papan atas Eropa. Namun Andorra memberikan perlawanan sengit yang membuat frustrasi kesebelasan Wales.

Baru di menit ke-80, siapa lagi kalau bukan Gareth Bale, menyelamatkan muka Wales dengan gol kemenangan yang dicetak dengan cantik lewat tendangan bebas dari jarak 23 meter.

Para pendukung Wales melonjak girang, namun Gareth Bale membatasi perayaan golnya untuk menenangkan para pemain Wales agar terus waspada.

Hingga peluit terakhir dibunyikan, kedudukan tetap 1-2 untuk kemenangan Wales.(bbc/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs