Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Rebut Tiga Emas Kejuaraan WKF

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Timnas karate Indonesia membuat kejutan dengan merebut tiga medali emas pada Kejuaraan Dunia World Karate Federation (WKF) Junior, cadet & U-21 Championship di Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, 12-15 November 2015.

Mursalim Badoo pelatih Karate Indonesia mengatakan, tiga medali emas tim Merah Putih masing-masing dipersembahkan Ahmad Zigi Zaresta Yuda (kata perorangan putra), Ceko (kumite perorangan junior putri +59kg) serta Karomi yang turun di kumite prorangan putra junior -70kg.

“Alhamdulillah, kita membuat sejarah baru di ajang WKF dengan merebut tiga medali emas. Untuk emas pertama dari Zigi diraih pada pertandingan Kamis. Sedangkan dua tambahan emas Indonesia kita rebut hari ini,” katanya, seperti dilansir Antara, Jumat (13/11/2015).

Khusus perolehan medali emas hari ini melalui Ceko diraih setelah mengalahkan karateka asal Turki dibabak final. Sementara untuk Karomi sukses mengalahkan karateka asal Spanyol dipartai puncak sekaligus memberikan emas ketiga bagi timnas Indonesia.

Mengenai pencapaian atlet sejauh ini, dirinya tidak ragu mengakui jika ini merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi selama pelaksanaan WKF ini, tim Indonesia memang belum pernah merasakan naik podium untuk pengalungan medali.

Ia menjelaskan, prestasi yang diraih anak asuhnya ini juga dikarenakan persiapan yang panjang serta dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia terhadap perjuangan para atlet Indonesia di ajang internasional tersebut.

Untuk potensi penambahan medali bagi timnas, dirinya mengaku maish terbuka lebar.Apalagi tim karate Indonesia masih memiliki 18 kelas yang akan diikuti para karateka terbaik dari seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan kita kembali mendapatkan medali tambahan pada pertandingan kedepan. Pencapaian ini juga kita harapkan menjadi momentum bagi atlet yang lain untuk juga memberikan penampilan terbaiknya pada pertandingan nanti,” katanya.

Selain persiapan atlet, komitmen dan kerja keras para pelatih baik lokal ataupun asing memang tidak lepas dari prestasi maksimal Indonesia.

Pada pelaksanaan kejuaran WKF 2015 ini, kata dia, PB Forki memang juga mendatangkan pelatih Prancis bernama Tareq asal Prancis untuk menangani timnas.

“Kami tentu akan saling bahu-membahu dalam meningkatkan kemampuan atlet sebelum berlaga di kejuaraan dunia WKF 2015,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatih asal Prancis itu bahkan sudah lebih dulu bergabung bersama pelatnas yakni sejak awal Oktober 2015. Keterlibatan pelatih asing tentunya diharapkan semakin menjaga peluang timnas Indonesia meraih hasil maksimal pada ajang tersebut.

“Pengalaman pelatih yang bersangkutan mengikuti sejumlah kejuaraan internasiona tentu kita harapkan memberikan efek positif bagi pencapaian atlet di kejuaraan WKF 2015. Kami juga tidak mengalami kesulitan dalam bekerjasama meningkatkan kemampuan seluruh atlet,”katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs