Kamis, 28 Oktober 2021

KLB PSSI di Surabaya, Undang 106 Pemilik Suara

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Kota Surabaya akan kembali ramai dikunjungi pelaku sepak bola Tanah Air (PSSI) pada akhir pekan ini.

Bukan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola namun pada Sabtu, 18 April 2015 itu berlangsung Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2015 dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2015-2019.

Antara melansir, KLB 2015 ini dilaksanakan sesuai dengan Statuta dan Kode Pemilihan serta penetapan tanggal juga berkaitan dalam rangkaian ulang tahun PSSI.

Penetapan jadwal penyelenggaraan KLB tersebut berdasarkan hasil Kongres Tahunan PSSI pada 4 Januari lalu di Hotel Borobudur, Jakarta.

Selain itu, dalam Kongres Tahunan yang diikuti 91 pemilik suara tersebut mengesahkan perubahan Statuta PSSI dan menetapkan enam pemilik suara baru dari klub amatir Piala Nusantara 2014 yakni Persimmon Musi Banyuasin, Persija Muda, Laga FC, Blitar United, Pro Kundalini dan Kaimana FC.

Pada Kongres ini diundang sebanyak 106 pemilik suara. Komposisinya adalah 34 Asprov, 18 klub ISL, 16 Klub Divisi Utama, 14 Klub Divisi I, 22 klub Amatir (Piala Nusantara), dan 2 Asosiasi.

Namun tanggal dan tempat pelaksanaan KLB PSSI mendapatkan sorotan tajam dari berbagai kalangan, termasuk Pemerintah. Bahkan Menpora Imam Nahrawi meminta waktu pelaksanaan diundur hingga SEA Games 2015 berakhir. Apalagi akan munculnya sanksi terhadap PSSI terkait pelaksanaan kompetisi ISL yang tak sesuai rekomendasi BOPI.

Salah satu tujuan meminta induk olahraga untuk menunda pelaksanaan kongres atau munas adalah agar semuanya konsentrasi untuk menghadapi SEA Games 2015. Apalagi pelaksanaannya kurang dari tiga bulan.

Sementara Ketua Jakmania, Richard Ahmad mengusulkan lokasi KLB PSSI dipindah demi menjaga netralitas. Dan mengusulkan Kota Solo atau Jogya. Namun PSSI tak bergeming.(ant/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 28 Oktober 2021
27o
Kurs