Senin, 15 Agustus 2022

Balapan Sempat Ditunda, Dovizioso Akhirnya Jadi Pemenang di Moto GP Sepang

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Andrea Dovizioso pebalap Ducati menjadi pemenang Moto GP di Sepang Malaysia, Minggu (30/10/2016). Foto : Official twitter Moto GP

Race ke-17 Moto GP Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/2016) berlangsung seru selama pertandingan meskipun balapan sempat ditunda karena cuaca buruk di lokasi.

Andrea Dovizioso pebalap Ducati asal Italia ini akhirnya memenangkan pertandingan, setelah sebelumnya merebut pole position pertama dalam babak kualifikasi.

Andrea Iannone yang sebelumnya di urutan keenam melesat naik ke urutan tiga besar. Padahal, sebelumnya dia absen dalam beberapa balapan akibat cedera yang dideranya. Namun, dia sedikit memaksa untuk ikut balapan, hingga dia menjadi yang pertama di lap ke 3.

Dalam 5 lap pertama, beberapa kelompok pebalap sudah terbentuk. Enam pebalap adu motor cepat ini menyita perhatian banyak orang. Mereka yaitu Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Andrea Iannone, Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow.

Pada lap keenam dan ketujuh, rossi dan Iannone saling salip merebutkan urutan pertama. Dovizioso yang merebut pole position berada di belakang kedua pebalap tersebut. Iannone dalam balapan kali ini benar-benar menunjukkan bahwa dia sudah siap bertanding, terbukti dia memimpin beberapa lap.

Namun, ketika lap ke-12, Rossi akhirnya berhasil memimpin balapan dan menyalip Iannone. Di saat yang sama, Cal Crutchlow yang berada di urutan keenam terjatuh. Selang tidak lama kemudian, Marquez sang juara dunia juga mengalami kesialan yang sama. Dia juga terjatuh cukup keras.

Meskipun dia berusaha untuk mengikuti balapan lagi, namun akhirnya dia memilih untuk tidak meneruskan pertandingan.

Kejatuhan dua rider tersebut, membuat kelompok 6 besar terpecah menyisahkan 3 pebalap memimpin balapan. Ianonne, Rossi dan Dovizioso memimpin jalannya pertandingan. Sedangkan, Jorge Lorenzo berada jauh di belakang ketiga pebalap tersebut.

Kesialan pun juga menimpa Ianonne yang baru memulai balapan hari ini. Dia juga harus terjatuh di lap ke-13, saat berusaha menyalip The Doctor di tikungan. Dovizioso yang sebelumnya di urutan ketiga pun akhirnya berusaha menempel ketat Rossi yang berada di depan.

Lap yang menyisakan 7 lap terahir ini, menyisakan hanya dua pebalap yang berada di depan. Sedangkan, Lorenzo yang sebelumnya urutan ke enam, akibat jatuhnya tiga pebalap ini membuatnya langsung menjadi urutan ketiga. Meskipun begitu, jarak antara Lorenzo dengan kedua pebalap sangat jauh.

Kesalahan Rossi saat berbelok di tikungan pertama pada lap ke-15, membuat Dovizioso menyalipnya dan membuat jarak dengannya. Hal ini berlangsung hingga pertandingan berakhir, Dovizioso memimpin dengan catatan waktu 42menit 27,333detik. Sedangkan Rossi mencatatkan waktu 42menit 30,115detik dan Lorenzo 42menit 38,924detik.

Dengan pertandingan ini, perebutan juara dunia masih dipegang Marc Marquez. Namun, juara kedua berada di tangan rossi dengan nilai 236 poin, sedangkan Lorenzo di urutan ketiga dengan nilai 208 poin. (tit/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Senin, 15 Agustus 2022
27o
Kurs