Selasa, 21 Mei 2024

Jelang Olimpiade Rio, Indonesia Tidak Khawatir Virus Zika

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Olimpiade Rio de Janeiro akan digelar di Brazil pada (5/8/2016). Namun virus zika saat ini sedang marak di Amerika Selatan, termasuk di Brazil.

Olimpiade ini tentunya akan dihadiri atlet dari seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk tim badminton. WHO Badan Kesehatan Dunia sempat khawatir penderita zika makin banyak. Kondisi ini jadi perhatian beberapa orang di Indonesia, namun Indonesia tidak khawatir dengan maraknya virus zika.

Achmad Budiharto Wakil Sekretaris Jenderal PBSI Pusat kepada Krisna Suara Surabaya, Sabtu (30/7/2016) mengatakan, sepertinya ada yang harus diluruskan agar tidak terlalu membuat kekhawatiran yang berlebihan.

Lokasi pertandingan tidak termasuk dalam daerah zona merah, yaitu daerah yang termasuk maraknya virus zika di Brazil. Pemerintah Brazil selama satu setengah bulan juga telah melakukan antisipasi pembersihan, seperti penyemprotan dan meminimalisir lokasi yang digunakan untuk pertandingan.

“Indonesia juga menyiapkan antisipasi agar tidak tertular virus zika, baik secara fisik maupun menggunakan peralatan-peralatan. Peralatan kita menggunakan kelambu agar tidak terkena nyamuk, dan kita juga membeli peralatan anti nyamuk yang digunakan pada pakaian agar tetap terlindungi. Jadi kita tidak khawatir dengan virus zika yang ada di sana,” kata Achmad

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, atlet badminton Indonesia fokus dan tidak resah tertular virus zika selama di Brazil. Sekarang para atlet sedang di kawasan Sao Paulo untuk adaptasi, kemudian akan berangkat ke Rio untuk menjalani turnamen. (iml/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
25o
Kurs