Kamis, 9 Mei 2024

Kolombia Dihajar Kosta Rika 2-3

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kolombia harus menelan kekalahan dengan skor 2-3 atas Kosta Rika pada laga terakhir fase grup Copa America Centenario di Stadion Reliant Houston, Amerika Serikat, Minggu (12/6/2016) pagi WIB.

Seperti dilansir Antara, kendati kalah, Kolombia tetap lolos ke perempatfinal Copa America karena telah mengamankan enam poin hasil kemenangan pada dua laga sebelumnya.

Kolombia lolos ke perempatfinal menemani juara grup A Amerika Serikat yang berhasil menekuk Paraguay dengan skor 1-0 pada laga sebelumnya. Adapun Kosta Rika dan Paraguay dipastikan tersingkir dari turnamen antar bangsa di Benua Amerika ini.

Pada jalannya laga, Kolombia dikejutkan lewat gol cepat yang diciptakan penyerang Kosta Rika Alberto Venegas saat laga baru berjalan dua menit. Venegas mencetak gol lewat sepakan keras setelah menerima umpan Celso Borges.

Kolombia menyamakan kedudukan 1-1 lewat aksi individu Frank Fabra yang menggiring bola ke mulut gawang melewati tiga pemain Kosta Rika kemudian menceploskan bola yang tak tertangkap kiper Pemberton pada menit 6.

Kosta Rika kembali unggul 2-1 setelah Frank Fabra melakukan gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi aksi Venegas pada menit 34. Skor 2-1 menutup interval babak pertama.

Pada awal babak kedua, Kolombia melakukan dua pergantian pemain antara lain Dayro Moreno dan Sebastian Peres keluar digantikan James Rodriguez dan Edwin Cardona.

Namun pada menit 58, Kosta Rika menambah gol menjadi 3-1 setelah Celso Borges menjebol gawang Zapata lewat sepakan terukur yang meneruskan umpan silang Bryan Oviedo yag baru masuk menggantikan Salvatierra López.

Tertinggal 3-1, Kolombia kemudian memasukan Cuadrado menggantikan Felipe Aguilar pada menit 65.

Pergantian pemain itu terbukti jitu setelah Cuadrado melepaskan umpan ke kotak penalti yang diselesaikan Marlos Moreno menjadi gol untuk mengubah skor menjadi 3-2 pada menit 73.

Jual beli serangan terus berlanjut hingga laga berakhir namun Kosta Rika berhasil mengamankan kemenangan 3-2 atas Kolombia.

Statistik situs Copa America 2016 mencatat kedua tim nyaris imbang dalam penguasaan bola dengan 51 persen berbanding 49 persen. Kolombia melepaskan 13 sepakan, sementara Kosta Rika hanya melancarkan tujuh tendangan dan tiga diantaranya berbuah gol. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs