Sabtu, 20 April 2024

Musim Terakhir Bersama Yamaha, Lorenzo Menang di Seri Terakhir MotoGP

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Lorenzo akhirnya berhasil memenangkan seri terakhir MotoGP, Minggu (13/11/2016). Foto : thehansindia.com

Dalam balapan terakhir MotoGP di Gran Premio Motul De La Comunitat Valenciana, Minggu (13/11/2016), Lorenzo menjadi juara pertama yang berhasil finis dengan waktu tercepat. Dengan kemenangan ini, Lorenzo menutup perpisahannya bersama Yamaha secara manis.

Sejak dimulai pukul 20.00 WIB, balapan motor cepat ini berlangsung dramatis. Sejak awal, Lorenzo melesat sendirian di depan para pebalap lainnya. Sedangkan Rossi dan Marquez yang menempati pole position kedua dan ketiga harus turun ke urutan empat dan lima. Ianonne urutan pole ketujuh melesat menempati urutan kedua.

Sementara itu, pada lap keenam Pedrosa harus rela mengakhiri balapan lebih awal akibat terjatuh saat berbelok. Bersamaan dengan itu, Rossi yang menyusul ke urutan tiga mencoba bermanuver salip Ianonne. Selama 10 lap pertama, Lorenzo tidak terkejar sedangkan perebutan posisi kedua diisi oleh empat pebalap, yaitu Ianonne, Rossi, Marquez dan Vinales.

Hingga lap ke-17, perebutan juara kedua masih berlangsung sengit antara Rossi dengan Ianonne. Sedangkan Marquez masih menempel ketat di urutan keempat. Namun dalam lap ini, Marquez kembali menunjukkan kepiawaiannya sebagai juara dunia dengan menyalip rossi yang berada di urutan ke tiga.

Saat memasuki lap ke-19, Marquez yang selalu menempel ketat Ianonne di urutan kedua, akhirnya berhasil menyalip di tikungan kedua. Hampir saja Ianonne terkena roda belakang motor Marquez saat menyalip dalam pertarungan ini. Hingga lap 26, Marquez berhasil meninggalkan Ianonne dan Rossi di belakang cukup jauh.

Bahkan dalam dua lap terakhir, kelompok perebutan urutan ke-2 akhirnya terpecah. Lorenzo masih berada paling depan tanpa ada pebalap yang mendekatinya. Marquez berhasil melesat sendiri juga di posisi kedua. Sedangkan Ianonne dan Rossi masih berebut urutan ketiga, tanpa ada Vinales yang tertinggal di belakang.

Dalam lap terakhir, penonton dikejutkan oleh Marquez yang mulai menyusul Lorenzo secara perlahan, dengan jarak tidak sampai dua detik. Meskipun begitu, Lorenzo tetap tidak terkejar dan menjadi tercepat dengan catatan waktu 45 menit 54.228 detik, sedangkan Marquez berada di urutan kedua dengan jarak +1.185.

Bahkan dalam lap terakhir, Rossi dan Ianonne berlangsung lebih sengit. Namun jarak yang sebelumnya cukup jauh tidak membuat Rossi menyusul. Ianonne akhirnya finis di urutan ketiga dengan jarak +6.603 sedangkan Rossi meraih waktu +7.668.

Dengan kemenangan ini, Lorenzo akhirnya mencatatkan namanya menjadi juara dunia ketiga Motogp setelah Marc Marquez dan Valentino Rossi. Ini merupakan kemenangan manisnya bersama Yamaha musim terakhir ini.

Perayaan seri terakhir di musim 2015/2016, juga berlangsung meriah. Tiap pebalap melakukan selebrasinya masing-masing. (tit/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs