Minggu, 16 Juni 2024

Persaingan Posisi Penjaga Gawang Timnas Makin Ketat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Persaingan untuk mengisi posisi penjaga gawang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016 semakin ketat menyusul membaiknya kondisi Kunia Meiga yang sebelumnya menjalani pemulihan setelah mengalami cedera.

“Kurnia Meiga sudah 100 persen, dan kami akan mencoba saat timnas melawan Vietnam. Yang jelas ketiga penjaga gawang yang ada secara umum kondisinya oke,” kata Gatot Prasetyo pelatih kiper timnas melalui pesan layanan singkat yang diterima media di Jakarta seperti dilansir Antara.

Dengan membaiknya penjaga gawang tim Arema Cronus ini maka peluangnya untuk menyodok terbuka meski selama masa pertandingan ujicoba pelatih Alfred Riedl sering memberikan kepercayaan penuh kepada Andritany Ardiyasa, sedangkan Dian Agus menjadi pelapisnya.

Gatot menjelaskan, aura persaingan ketiga penjaga gawang yang saat ini dibawa ke Vietnam memang terus dijaga. Hal ini dilakukan untuk terus memantau kesiapan pemain sebelum ada keputusan terkait siapa yang bakal menjadi penjaga gawang utama timnas untuk Piala AFF 2016.

“Memang saat ini belum ada jaminan siapa yang bakal menjadi penjaga gawang timnas. Makanya persaingan diantara mereka terus kami jaga. Semuanya akan dipantau hingga sebelum berangkat ke Filipina,” kata Gatot menambahkan.

Dari tiga penjaga gawang yang ada, Andritany terbilang paling banyak diberi kepercayaan oleh pelatih Alfred Riedl untuk menjaga benteng terakhir timnas. Seperti saat timnas Garuda menjalani pertandingan ujicoba melawan Malaysia, Vietnam maupun Myanmar.

Namun, dengan membaiknya kondisi Kurnia Meiga bisa saja penjaga gawang Arema Cronus ini menjadi pilihan terutama saat timnas menjalani pertandingan ujicoba melawan tuan rumah Vietnam di Hanoi, Selasa (8/11/2016). Apalagi Riedl juga cukup mengenal kiper kelahiran Jakarta itu.

Sementara itu, timnas saat ini sudah berada di Vietnam setelah sebelumnya menjalani pertandingan ujicoba di Yangon, Myanmar. Semua pemain yang dipanggil telah hadir termasuk pemain naturalisasi Stefano Lilipaly yang sebelumnya belum bisa bergabung.

“Kemungkinan Lilipaly akan dimainkan saat timnas menghadapi Vietnam, namun tidak full match. Demi menghindari cedera. Namun, dia akan terus bersama timnas hingga berangkat ke Manila,” kata Wolfgang Pikal asisten pelatih timnas.

Secara umum, kata dia, kondisi pemain dalam keadaan baik dan sudah menjalani latihan. Pada latihan di lapangan Youth Football Training Centre Hanoi, pelatih Alfred Riedl terus berusaha memperbaiki kelemahan tim seperti kualitas passing, kerjasama tim hingga bagimana menekan lawan yang efektif.

Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Filipina, Singapura dan juara bertahan Thailand. Sebelum bertolak ke Manila, Boaz Solossa dan kawan-kawan terus digembleng latih termasuk menjalani ujicoba internasional. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs