Rabu, 24 April 2024

Berlatih Tiap Hari, Jevon Remaja Asal Surabaya Ini Raih Juara Dunia Wushu di Brasil

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Jevon Lionel Koeswoyo (tengah) Peraih Emas Pada Kejuaraan 7th World Junior Wushu Championship Brazilia. Foto: Istimewa

Setelah Muhammad Zohri, kini giliran Jevon Lionel Koeswoyo yang memberikan emas kejuaraan dunia bagi Indonesia. Dia adalah juara dunia olah raga wushu pada perhelatan 7th World Junior Wushu Championship Brazilia pada 9-15 Juli 2018.

Jevon mendapat emas pada kategori Taiji Jian atau Taiji menggunakan pedang. Tak hanya emas, ia juga mendapatkan perak pada kategori Taiji Quan B atau tangan kosong.

Menurut Budi Gunawan Pelatih Wushu Jatim yang juga pelatih Jevon, dia telah dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan dunia ini tiga bulan sebelum pelaksanaan.

Budi menambahkan, jadwal latihan Jevon adalah setiap sore hari dan berlangsung secara tertib dan terukur. Setiap hari ia dilatih dalam sistem set. Sistem set ini biasanya terdiri 1-5 jurus dan berlangsung 20 kali. Untuk diketahui, dalam olahraga wushu, terdapat 42 jurus.


Jevon Lionel Koeswoyo. Foto: Istimewa

Jevon yang masih berusia 15 tahun, kini telah berlatih di Puslatda (Pusat Latihan Daerah) Jatim untuk kategori wushu junior.

“Dulu dari Klub Wushu Yasanis Surabaya. Kini sudah berada di Puslatda Jatim untuk lapis dua (Junior). Karena masih 15 tahun, dia ada di kategori wushu kelas B. Nanti kalau umurnya sudah 18 tahun, masuk ke kelas A,” kata Budi ketika dihubungi suarasurabaya.net, Rabu (18/7/2018).

Budi mengaku bangga dengan prestasi dunia yang ditorehkan anak didiknya tersebut. Hari ini Jevon dijadwalkan tiba kembali ke Surabaya.

Jevon tinggal di rumah orangtuanya di Jl. Pakis Tirtosari gang VI Surabaya. Dia merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Jevon adalah putra dari Novianto Asali Koeswoyo dan Ernawati.(bas/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs