Selasa, 26 Oktober 2021
Asian Games 2018

Giliran Cabang Angkat Besi Persembahkan Medali Emas

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Eko Yuli Irawan Lifter Indonesia menyumbangkan satu emas untuk Indonesia di kejuaraan Asian Games 2018. Foto: INASGOC

Eko Yuli Irawan Lifter andalan Indonesia yang turun pada kelas 62 kilogram mempersembahkan medali emas pertama dari cabang angkat besi Asian Games 2018 setelah mengumpulkan total angkatan 311 kg.

Dalam pertandingan di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/8/2018), yang diikuti 15 lifter dan disaksikan Joko Widodo Presiden bersama Puan Maharani Menko PMK serta Imam Nahrawi Menpora, ia berhasil meraih total angkatan 311 kg dari jenis angkatan snatch 141 kg dan clean and jerk 170 kg.

“Ini kemenangan untuk Indonesia,” kata Eko.

Dia menjelaskan, sejak awal tidak berjanji untuk meraih medali emas karena harus melihat situasi dan kondisi di lapangan.

“Kita bersama pelatih selalu melihat peluang dan kondisi angkatan lawan. Kita harus mencoba meninggalkan lawan lebih jauh, sehingga mereka tidak akan berani menaikkan angkatan yang cukup tinggi,” kata dia.

Sementara Dirdja Wihardja pelatih kepala angkat besi Indonesia untuk Asian Games 2018, mengatakan untuk melakukan itu sebagai strategi kemenangan. Jika ada peluang emas, maka harus dipertahankan tidak harus mengejar rekor.

“Setelah kita lihat lawan posisinya cukup aman untuk ditinggal, maka ada upaya untuk membuat rekor,” kata dia.

Eko selama pertandingan di jenis angkatan snatch gagal satu kali angkatan yakni pada kesempatan ketiga dengan berat barbel 145 kg, sedangkan angkatan pertama 137 kg dan 141 kg berhasil dilakukan.

Sementara di jenis angkatan clean and jerk, Eko pun sekali gagal yakni pada angkatan ketiga seberat 175 kg. Sedangkan pada angkatan pertama 165 kg dan 170 kg.

Trinh Van Vinh Lifter Vietnam meraih perak dengan total angkatan 299 kg yakni dari snatch 133 kg dan 166 kg, serta medali perunggu milik lifter Korea Utara setelah berhasil mengangkat barbel dengan total 298 kg. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs