Jumat, 26 April 2024

Peraih Perunggu Panahan Asian Games 2018, Ingatkan Maba Berbuat yang Terbaik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Riau Ega bersama kawan-kawan di Asian Games 2018. Foto: Istimewa

Riau Ega Agata Salsabilla Atlet Panahan Indonesia, peraih medali perunggu di nomor Archery Recurve Mens Individual Asian Games 2018 adalah alumni Universitas Narotama Surabaya, yang saat ini sedang menempuh S2.

Kemenangan Riau Ega ini tak lepas dari konsentrasi penuh yang ia lakukan sepanjang pertandingan. Ega mengaku tidak mau begitu saja menyerah dan tidak mendapatkan medali apapun di Asian Games 2018.

“Saya harus fight karena kalau kalah saya tidak akan mendapatkan apa-apa. Saya mencoba terus fokus dengan teknik saya serta sasaran, jadi sama sekali tidak ada waktu untuk menghiraukan apapun yang lainnya,” terang Ega.

Ega pun tidak merasa lebih unggul dari Ilfat karena permainan sang lawan juga sangat bagus sebelum melawan dirinya di perebutan medali perunggu itu.

Konsentrasi penuh di perebutan medali perunggu itu dilakukan Ega karena sebelumnya Ega gagal masuk ke babak final setelah harus tunduk dari lawannya, Lee Woojin dari Korea Selatan.

“Kendala cuaca. Woojin juga lebih tepat ke titik tengah sasaran, sehingga meskipun saya sudah berusaha keras untuk mengejar tapi memang permainannya bagus sekali dan kami hanya selalu selisih 1 poin terus,” ujar alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu.

Dukungan dari keluarga menjadi semangat tersendiri bagi Ega. Ia merasa sangat termotivasi terutama untuk memenuhi janjinya kepada almarhumah ibu mertuanya untuk meraih medali di Asian Games 2018.

“Support dari Universitas Narotama juga sangat tinggi. Meskipun saya sudah lulus tapi saya selalu menjalin komunikasi dengan teman-teman dan Ibu Rektor yang terus memotivasi dan menyemangati,” tambah Ega.

Pria asal Blitar itu bersyukur dengan bonus dan hadiah yang ia dapatkan berkat keberhasilannya meraih medali perunggu. Namun Ega sendiri tidak terlalu fokus akan hal itu.

“Fokusnya saat ini mengejar tiket Olimpiade yang akan dibuka tahun depan. Juga pastinya mempersiapkan diri untuk meraih emas di Sea Games 2019,” tegas Ega penuh semangat.

Sebagai atlet panahan yang sudah banyak mencetak prestasi, Ega berpesan agar para atlet junior selalu berusaha melakukan apa yang terbaik serta tetap fokus dan mengikuti apa kata pelatih.

Ega pun berpesan pada mahasiswa baru (maba) Universitas Narotama Surabaya agar menjadi lulusan yang berkualitas. “Semoga lembaran baru yang akan kalian mulai ini dapat berbuah baik dan membawa Universitas Narotama berjaya di mata nasional dan internasional,” pungkas Ega.

Pertandingan Panahan Riau Ega juga disaksikan Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Dalam nomor yang sama di kategori putri, pemanah asal Indonesia, Diananda Choirunisa menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs