Sabtu, 20 April 2024
piala dunia

Portugal Tahan Spanyol 3-3, Ronaldo Hattrick

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Selebrasi kapten Portugal Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 di Rusia. Foto: FIFA

Trigol Cristiano Ronaldo sukses membawa tim nasional Portugal mengimbangi Spanyol 3-3 dalam laga Grup B Piala Dunia 2018 yang digelar di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Dipantau dari laman resmi FIFA, tiga gol Cristiano Ronaldo diciptakan masing-masing di menit ke-4 melalui tendangan penalti, menit ke-44 dan tendangan bebas menit ke-88.

Sementara gol-gol Spanyol dicetak oleh Diego Costa (24` dan 55`) serta Nacho Fernandez (58`).

Seperti dilansir Antara, dalam pertandingan tersebut, baik Portugal maupun Spanyol sama-sama menurunkan skuat terbaik. Portugal memainkan pemain ternama seperti Joao Moutinho, Pepe dan tentu saja Cristiano Ronaldo.

Spanyol, yang dilatih oleh juru taktik yang ditunjuk dua hari jelang Piala Dunia 2018 Fernando Hierro, menempatkan deretan bintang mulai dari David de Gea, Iniesta, hinga Diego Costa.

Portugal memulai laga dengan baik dan langsung unggul empat menit setelah pertandingan dimulai dari tendangan penalti Cristiano Ronaldo.

Penalti diberikan setelah Ronaldo yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Spanyol ditekel oleh bek Nacho Fernandez.

Spanyol yang mengandalkan penguasaan bola dan umpan-umpan pendek yang menjadi ciri khasnya dapat membalas di menit ke-24. Diego Costa yang menerima umpan jauh dari Sergio Busquets berhasil menahan bola dengan baik, melewati beberapa pemain lawan dan sukses memasukkan bola dengan tendangan keras terarah.

Portugal yang menyerang dengan skema serangan balik tidak menyerah dan berbalik unggul di menit ke-44 usai bola dari tendangan keras Ronaldo gagal ditahan dengan baik oleh David de Gea.

Skor 2-1 untuk keunggulan Portugal bertahan sampai peluit tanda jeda dibunyikan.

Di babak kedua, Spanyol langsung tampil trengginas dan mencetak gol penyama di menit ke-55. Adalah Diego Costa yang kembali menyarangkan bola, memanfaatkan umpan sundulan Sergio Busquets di dalam kotak penalti Portugal.

Tak perlu waktu lama, empat menit sesudahnya, Spanyol kembali membuat gol yang membuat mereka memimpin 3-2. Gol terjadi karena tendangan keras bek kanan Nacho Fernandez tak mampu ditahan penjaga gawang Rui Patricio.

Ketika kemenangan Spanyol berada di depan mata, Cristiano Ronaldo berhasil memupusnya lewat tendangan bebas apik di menit ke-88 yang merobek gawang Spanyol tanpa bisa diantisipasi David de Gea.

Gol Ronaldo tersebut sekaligus menutup pertandingan yang berakhir dengan skor 3-3, yang artinya kedua tim harus puas dengan satu poin.

Hasil seri membuat Grup B masih dipimpin oleh Iran yang di laga lainnya mengandaskan Maroko dengan skor 1-0. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs