Jumat, 14 Juni 2024

Tiga Negara Ganti Bendera Saat Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Bendera Semenanjung Korea. Foto: twitter @ajplus

Tiga negara peserta Asian Games 2018 akan berganti bendera dalam upacara pembukaan yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (18/8/2018).

“Kuwait akan menggunakan bendera sendiri dan bukan lagi pakai bendera Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai peserta defile. Kemudian, Korea Selatan dan Korea Utara juga akan menggunakan bendera yang sama. Mereka jadi satu di bawah bendera Korea,” kata Danny Buldansyah Direktur Media dan Hubungan Masyarakat Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) di Jakarta seperti dilansir Antara, Jumat (17/8/2018).

Danny mengatakan, bendera yang akan dipakai kontingen gabungan atlet-atlet Korea Selatan dan Korea Utara merupakan bendera semenanjung Korea berwarna biru.

“Tapi, jumlah bendera di Wisma Atlet Asian Games, untuk Korea ada tiga, yaitu Korea Selatan, Korea Utara, dan Korea,” kata Danny.

Terkait perubahan bendera yang dipakai negara Kuwait, Pada Kamis (16/8/2018), Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara resmi telah mengangkat sanksi bagi kontingen Kuwait setelah kontingen negara Timur Tengah itu menerima sanksi turut campur dalam aturan olahraga pada Oktober 2015.

Hukuman sanksi itu mengandung konsekuensi atlet-atlet Kuwait yang mengikuti kejuaraan internasional harus berada di bawah bendera IOC, termasuk dalam Olimpiade Rio 2016.

Upacara pembukaan Asian Games 2018, menurut Danny, akan lebih menampilkan konser terkait keanekaragaman budaya dan alam Indonesia sebagaimana tercermin dalam semangat Energy of Asia.

“Panggung dalam upacara pembukaan itu beratnya 600 ton dan akan ada lebih dari 5.000 orang pengisi acara nanti,” katanya. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs