Rabu, 6 Juli 2022

Egy Gabung Timnas AFC U-23 Awal Maret, Saddil dan Ezra Menyusul

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Egy Maulana Vikri bintang muda sepak bola tanah air yang saat ini bermain di Klub Lechia Gdansk, Polandia. Foto: Antara

Egy Maulana Vikri bintang muda sepak bola tanah air yang bermain di Klub Lechia Gdansk, Polandia, telah mengonfirmasi akan memperkuat skuat Timnas jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Ratu Tisha Destria Sekjen PSSI yang memastikan ini. Dia mengatakan, Egy telah mengonfirmasi untuk bergabung dalam Timnas mulai 3 atau 4 Maret mendatang.

“Kami mulai start proses pemanggilan tanggal tiga. Mungkin untuk Egy bisa bergabung tanggal tiga atau tanggal empat (Maret),” ujarnya kepada wartawan usai penyambutan Timnas U-22, di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (27/2/2019).

Selain Egy, PSSI juga akan memanggil dua bintang muda sepak bola lainnya, yakni Ezra Walian dan Saddil Ramdani. Saat ini, Ezra bermain di RKC Maalwijk, Belanda, sedangkan Saddil di Pahang FA, Malaysia.

“Untuk Saddil dan Ezra, kami akan komunikasi lebih lanjut dengan klubnya. Kemarin, untuk AFF, kami tidak bisa memaksa, karena memang bukan agenda FIFA. Tapi untuk AFC ini kami sudah bersurat,” ujarnya.

Seperti yang dikatakan Tisha, pemanggilan tiga bintang muda ini mulai 3 Maret mendatang. Coach Indra Sjafrie pun, kata Tisha, sudah mengonfirmasi akan memanggil ketiga pemain ini.

“Kita tunggu minggu depan. Semoga selain Egy, dua lainnya bisa segera bergabung. Kami menunggu jawaban dari klub. Masih ngobrol kapan waktu yang pas,” katanya.

PSSI, kata Tisha, memaklumi bahwa ketiga pemain bintang ini memiliki program latihan di klub yang harus disesuaikan. PSSI menurutnya juga tidak bisa terlalu strict dalam pemanggilan pemain.

“Karena kami tahu pemain juga dibina di klub masing-masing. Asalkan sinkron waktunya, pas sebelum kita menuju AFC atau sebelum coach Indra Sjafrie melakukan seleksi pemain, harus kami hormati,” ujarnya.

Perlu diketahui, Piala AFC U-23 2020 menjadi target utama Indra Sjafrie sebagai pelatih Timnas yang dikontrak selama dua tahun oleh PSSI. Kesuksesan di AFC sangat menentukan kemajuan dunia sepak bola tanah air.

Pada 22-26 Maret 2019 ini, Timnas yang tergabung di grup K akan menghadapi Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam dalam ajang kualifikasi Turnamen AFC U-23 2020 mendatang.

“AFC ini, lawannya sama dengan AFF. Kalau kita bisa mengalahkan tiga ini di kualifikasi, kita lanjut ke 16 besar. Kalau kita bisa masuk empat besar, untuk pertama kalinya Timnas Indonesia akan mengikuti turnamen sepak bola Olimpiade,” kata Indra pada kesempatan yang sama.

Serangkaian uji coba pertandingan akan dijalani skuat Timnas Garuda Muda Indonesia menjelang kualifikasi AFC U-23. Ratu Tisha Destria Sekjen PSSI memastikan, tidak ada uji coba internasional yang wah, sebab timnas sudah melalui AFF 2019 dengan sukses.

“Karena waktunya mepet domestik aja. Posisinya AFF kemarin sebenarnya ajang pemanasan timnas menuju AFC U-23. Jadi tidak akan ada uji coba internasional yang wah, kami utamakan kebugaran fisik saja. Yang pasti dengan klub di liga 1,” katanya.

Ratu Tisha menjabarkan, uji coba pertama rencananya akan dilakukan di Bali. Hanya saja, dia belum bisa memastikan jadwal pertandingan itu. Mengingat waktunya bersamaan dengan Piala Presiden.

“Kita sesuaikan dengan piala presiden. Para, kan, dua Maret. Ada jeda waktu ketika Timnas Senior bertanding, kami akan gunakan waktu itu untuk uji coba (Timnas Junior/Garuda Muda),” ujarnya.(den/dwi)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
28o
Kurs