Jumat, 26 April 2024

GBT Diajukan Jadi Salah Satu Venue Piala Dunia U-20, Risma Mengaku Siap

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di Balai Kota Surabaya, Senin (26/8/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah pertandingan sepakbola Piala Dunia U-20 tahun 2021. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjadi salah satu stadion yang diajukan sebagai venue pertandingan sepakbola kelas dunia itu.

Amir Burhanudin Sekretaris Asprov PSSI Jatim mengatakan, ada 10 stadion di Indonesia yang diajukan ke FIFA untuk mengikuti bidding. Yakni Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo), Solo (Stadion Manahan), Jogjakarta (Stadion Mandala Krida), dan Palembang (Stadion Jakabaring), Jakarta (Stadion Gelora Bung Karno), Bandung (Stadion Jalak Harupat), Bogor (Stadion Pakansari), Bekasi (Stadion Patriot) Gianyar Bali (Stadion Kapten I Wayan Cipta), dan Cikarang (Stadion Wibawa Mukti).

Amir mengatakan, pengajuan diri sebagai tuan rumah event sepakbola internasional ini sudah disetujui Joko Widodo Presiden, termasuk sudah disetujui pula oleh masing-masing kepala daerah.

“Salah satu syarat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 mendapat persetujuan dari presiden dan kepala daerah setempat yang akan dipakai sebagai venue pertandingan,” kata Amir usai audiensi dengan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di Balai Kota Surabaya, Senin (26/8/2019).

Dalam pengajuan itu, kata Amir, Indonesia akan bersaing dengan tiga negara lain, yakni Brasil, Thailand dan Myanmar. Bedanya, Brasil mengajukan diri sebagai tuan rumah sendirian seperti Indonesia, sedangkan Thailand dan Myanmar mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama.

Amir mengaku optimistis kalau Indonesia yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah. Alasannya, Brasil baru menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2014 lalu. “Sedangkan Thailand dan Myanmar kan mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama, sedangkan kita (Indonesia) mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal,” katanya.

Mengenai infrastruktur stadion, Amir menyatakan seluruh kepala daerah telah bersepakat untuk melakukan renovasi agar stadion berstandar internasional.

“Masih ada waktu untuk membenahi dan kita akan lihat apa saja yang perlu dilakukan pembenahan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yakin GBT bisa memenangkan bidding sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20. Risma berjanji akan belerja keras bahwa Surabaya layak jadi tuan rumah gelaran internasional itu. Salah satunya, Pemkot akan memperbaiki infrastruktur stadion menjadi berstandar Internasional.

“Memang harus bersaing dengan Brasil. Tapi kami yakin apa yang dilakukan di Surabaya bisa memenangkan bidding. Surabaya akan bekerja keras untuk menunjukkan bahwa kami siap jadi salah satu tuan rumah. Secara umum siap, baik dari masyarakatnya dan lingkungan kotanya. Infrastrukturnya akan diperbaiki sesuai syandart internasional,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs