Selasa, 19 Januari 2021

Pendekar Muda Unitomo Juara Umum Kejurnas Pencak Silat Kota Pahlawan 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para pendekar muda Perisai Diri Unitomo Surabaya berfoto bersama. Foto: Istimewa

Pendekar-pendekar muda UKM Perisai Diri Unitomo Surabaya, kembali torehkan prestasi, boyong emas dan juara umum II Kejurnas Pencak Silat Kota Pahlawan Championship I 2019.

Sania Ketua Perisai Diri (PD) Unitomo menyampaikan bahwa Kejuaraan Nasional Pencak Silat Kota Pahlawan Championship I 2019 yang dihelat di kampus ITS Surabaya, merupakan satu diantara ajang bergengsi antara perguruan Pencak Silat.

Kejuaraan tersebut diikuti sekurangnya 3.737 pendekar dari perguruan silat dan sekolah di Indonesia yang terbagi menjadi 297 kontingen.

“Alhamdulillah, kami dari Perisai Diri Unitomo berhasil mendapatkan 5 medali emas, 3 medali perak dan 6 medali perunggu. Sehingga kami juga mendapatkan piala Juara II Umum dan sebuah pecing kecil,” terang Sania, Selasa (26/11/2019).

Sania menambahkan untuk menjadi juara tidaklah mudah. Diluar latihan rutin, pihaknya menggembleng atlet-atletnya selama sebulan penuh sebelum bertandang di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Kota Pahlawan Championship I 2019.

“Kami mengirim 14 atlet dan mulai pemusatan latihan full setiap hari sekitar satu bulan sebelum pertandingan dilaksanakan,” kata Sania.

Pendekar-pendekar muda asuhan dari pelatih yang terdiri dari Erna, Andik dan Aris inipun sempat kewalahan saat pertandingan. Bahkan mereka harus bergantian menjadi official menggantikan official Ferdi, Aries dan Walid, karena atlit-atlitnya bertanding bersamaan di gelanggang berbeda.

“Dikarenakan ada beberapa atlet yang tanding di waktu bersamaan, beberapa dari kami juga diharuskan menjadi official untuk mendampingi atlet yang lainnya,” tambah Sania.

Keberhasilan tersebut tidak membuat pendekar-pendekar muda Unitomo ini puas. Mereka terus mengasah kemampuan untuk persiapan pada Kejuaraan antar Perisai Diri yang dijadwalkan digelar di Pamekasan pada Februari 2020.

Dijadwalkan pada Juni 2020, para pendekar muda PD Unitomo ini juga bakal bertandang di Kejuaraan Nasional Piala Presiden Perisai Diri antar Perguruan Tinggi di Bandung.

Sementara itu, ditambahkan Dr Bachrul Amiq Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas keberhasilan para pendekar muda yang didominasi oleh mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 tersebut.

Menurut Amiq, hal itu menjadi cerminan keberhasilan dalam kaderisasi perguruan Perisai Diri (PD) di Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya.

“Saya senang karena para mahasiswa yang mewakili adalah dari mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Ini menunjukkan pengkaderan Perisai Diri berjalan dengan baik di Unitomo. Sukses,” tegas Amiq.

Amiq juga berharap prestasi para mahasiswanya di bidang olahraga ini juga seirama dengan prestasi akademik. “Mahasiswa yang berprestasi bisa mendapatkan beasiswa sesuai dengan prestasi yang dibuatnya,” pungkas Amiq.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Rusak di Brigjend Katamso Sudah Ditambal

… Lewati Lembah, Sungai Mengalir, Eh Bukan

Raya Porong Banjir

Kecelakaan Frontal Dua Truk

Surabaya
Selasa, 19 Januari 2021
25o
Kurs