Jumat, 19 April 2024

Final Piala Gubernur Jatim Persebaya v Persija Batal Digelar di GBT Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi, Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya v Persija akhirnya batal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Laga yang mempertemukan dua tim besar itu dipindah ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Pertandingan akan digelar pada Kamis (20/2/2020) pukul 15.30 WIB. Keputusan ini diambil dalam rapat koordinasi pengamanan di Ruang Bromo Mapolda Jatim pada Rabu (19/2/2020).

“Lokasi pertandingan final di Gelora Delta Sidoarjo,” tegas Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim usai rapat koordinasi pada Rabu (19/2/2020).

Irjen Pol Luki menambahkan, alasan dipindahnya venue laga final lebih karena saat ini GBT sedang dalam persiapan menjadi venue Piala Dunia U-20. Menurutnya, saat ini GBT dalam proses memperbaiki rumput lapangan.

Sebelumnya, Amir Burhanuddin Sekretaris Asprov PSSI Jatim mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan Rakor PAM pada Minggu (16/2/2020), siapapun yang menjadi pemenang dalam laga semifinal Persebaya v Arema FC, akan menjadi tuan rumah. Karena Persebaya berhasil menekuk Arema FC 4-2, laga seharusnya digelar di GBT.

Meski dipindah, Kapolda Jatim mengatakan, Polda Jatim, PSSI, dan Pemprov Jatim sepakat bahwa Persebaya tetap menjadi tuan rumah. Sehingga, Bonek dipersilahkan datang untuk mendukung langsung tim Bajol Ijo. Sedangkan, untuk menjaga kondusitivas, The Jakmania dilarang datang ke stadion.

Untuk mencegah The Jakmania datang ke Jawa Timur, Polda Jatim langsung berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Meski begitu, bagi suporter The Jak yang sudah ada di Jatim, tepatnya di Malang, panitia akan memfasilitasi layar tancap untuk nobar.

“Kami juga sudah memberikan arahan kepada jajaran kami untuk menyiapkan fasilitas nobar. Sehingga tidak harus berjubel di Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk menonton,” jelasnya.

Sebagai informasi, rapat koordinasi ini dihadiri Kapolda Jatim dan pejabat utama serta kapolres jajaran, Kasatpol PP Provinsi Jatim, As Ops Kodam V Brawijaya, As Ops Marinir, Ketua PSSI Jatim dan panitia pelaksana. (bas/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs