Kamis, 25 April 2024

Timnas U-16 Gelar Ajang Uji Coba Jelang Piala AFF 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Timnas sepak bola Indonesia U-16 menggelar ajang uji coba disela pemusatan latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (29/1/2020). Foto: Indri suarasurabaya.net

Timnas sepak bola Indonesia U-16 menggelar ajang uji coba di sela pemusatan latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (29/1/2020). Trofeo digelar untuk menjawab antusiasme klub Jawa Timur yang ingin beruji coba melawan Timnas U-16.

Bima Sakti Head Coach Timnas U-16 mengatakan, ajang uji coba berjalan cukup lancar. Pertandingan ini sekaligus untuk menguji kemampuan anak asuhnya untuk menjalani pertandingan selanjutnya.

“Rangkaian persiapan kita yakni persiapan piala AFF tanggal 1 Agustus 2020. Sengaja lakukan TC (training center, red) di Sidoarjo karena ingin beradaptasi sesuai rencana AFF yang digelar di Sidoarjo. Supaya pemain kenal dengan lingkungan sekitar,” kata Bima Sakti.

Dalam uji coba trofeo kali ini, Timnas U-16 menghadapi dua tim asal Jawa Timur, diantaranya tim YLT Probolinggo dan GSI Jatim. Sebelumnya, Bima mengatakan bahwa timnya berencana untuk menjalani uji coba melawan tim dari luar negeri, namun batal.

“Banyak kemajuan. Sebelumnya Timnas U-16 ingin uji coba dengan India. tapi India membatalkan. Akhirnya Timnas U-16 memilih tim lokal sebagai lawan uji coba,” tambah Bima.

Pertandingan ini menjadi ajang uji coba yang kedua. Sebelumnya, Timnas U-16 sudah menjalani melawan PSBK Blitar U-17. Dalam pertandingan itu, tim asuhan Bima Sakti berhasil menang dengan skor 5-1. Sementara dalam uji coba tadi, Timnas U-16 menyapu bersih kedua lawannya.

Menurut Bima Sakti Head Coach Timnas U-16, pemainnya akan fokus dengan beberapa laga uji coba lainnya sebelum menjalani Piala AFF 2020.

“Harapannya akan TC di (bulan, red) Februari. Semoga tim yang jadi lawan datang dari luar negeri. Rencananya antara timnas Thailand dan Malaysia yang siap bertanding,” ujarnya.

Sementara dari sisi penjaga gawang, tim pelatih Timnas Indonesia U-16 juga memberikan pelatihan khusus.

Markus Horison tim pelatih kiper mengatakan, para penjaga gawang muda sudah mempunyai bakat yang dapat diasah lebih baik. Dengan kerja keras, pemain dipastikan bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

“Pemain udah punya progress. Dari awal TC diawal Oktober sampai sekarang. Semoga di hari H pemain bisa semakin bagus dan siap. Sementara latihan kiper ada strategi khusus yang diberikan. Supaya kiper bisa sebagai libero dan ikut dalam permainan.

Sesudah ajang uji coba Trofeo ini, timnas U-16 akan libur sementara waktu sampai kembali berkumpul di pemusatan latihan pada 10 Februari 2020.(ind/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs