Senin, 6 Desember 2021

Anies Baswedan Tunda Penyelenggaraan Formula E

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta. Foto: Dok/Faiz suarasurabaya.net

Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta mengumumkan penundaan penyelenggaraan balapan Formula E. Acara yang rencananya digelar pada bulan Juni ini terpaksa ditunda karena mewabahnya virus Corona (Covid-19).

Anies menjelaskan kalau Jakarta memang terjadwal menjadi tuan rumah formula E. Komunikasi terus dilakukan selama beberapa waktu secara intensif dan memantau perkembangan di seluruh dunia (soal Virus Corona), bukan saja di Jakarta.

Demi menjaga kesehatan dan keselamatan warga Jakarta, kata Anies, penyelenggaraan Formula E akhirnya ditunda.

“Demi menjaga keselamatan dan memastikan kesehatan warga Jakarta, karena kita menempatkan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas utama, maka kita memutuskan untuk menunda pelaksanaan formula E di bulan Juni,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Untuk waktu pelaksanaannya, kata dia, akan dibahas kemudian. Tetapi bulan Juni sudah ditetapkan bahwa pelaksanaannya itu ditunda, sambil memantau perkembangan dunia.

“Apalagi kegiatan Formula E ini merupakan kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional. Risiko yang mungkin terjadi terlalu besar di Jakarta,” tegasnya.

Balapan Formula E bukan hanya sekadar balapan, ajang ini juga sebagai pengujian dan pengembangan teknologi terkait dengan jalan, membantu menyempurnakan desain kendaraan listrik sembari mempromosikan bebas polusi udara pada skala global.

Menurut Anies, banyaknya wisatawan datang dari negara- negara yang memiliki kasus virus Corona bisa bisa mengorbankan keselamatan warga Indonesia khususnya Jakarta.

“Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang Formula E ini memberikan dampak perekonomian besar, tetapi ada risiko bagi warga, maka kita tunda,” jelasnya.

“Alhamdulillah pihak Formula E dan Federation International Automobile (FIA) menyetujui itu, sehingga hari ini kami di Jakarta dan di eropa akan bersama-sama mengumumkan bahwa Formula E pada bulan Juni tidak dilaksanakan,” pungkas Anies.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 6 Desember 2021
26o
Kurs