Selasa, 20 Oktober 2020

Piala Dunia 2021 Tetap Digelar dengan Protokol Kesehatan Ketat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sejumlah petugas mengupas rumput yang lama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya untuk diganti dengan rumput yang baru sesuai standar FIFA menjelang Piala Dunia U-20. Foto : Humas Pemkot Surabaya

Piala Dunia usia di bawah 20 tahun (U-20) yang rencananya berlangsung 20 Mei sampai 21 Juni 2021 di Indonesia, akan tetap digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Angkie Yudistia Juru Bicara Presiden bidang Sosial mengatakan, kepastian itu merujuk pada keputusan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Indonesia tidak memiliki otoritas mengubah agenda karena kewenangan ada di FIFA. Namun, pemerintah terus berkomunikasi dengan FIFA untuk memantau setiap perkembangan dan kemungkinan, terutama dalam situasi pandemi Covid 19,” ujarnya di Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Maka dari itu, kalau tidak ada perubahan jadwal, pemerintah terus mempersiapkan ajang Piala Dunia U-20 secara optimal, mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 19 tahun 2020 sebagai petunjuk susunan kepanitiaan yang terdiri dari panitia pengarah dan panitia pelaksana.

Keppres itu didukung Inpres Nomor 8 tahun 2020 yang mengatur pembagian tugas penyelenggaraan, mulai dari kementerian, TNI, Polri, Badan Pemeriksa Keuangan, Jaksa Agung, hingga ke Pemerintah Daerah, baik Gubernur dan Wali Kota.

Dua aturan yang diteken Presiden pada Selasa (15/9/2020), mendorong jajaran kepanitiaan yang ditunjuk untuk langsung bergerak, terutama mempersiapkan tempat latihan para kontingan dan venue pertandingan.

“Kalau pelaksanaannya berlangsung sesuai agenda yang ditetapkan, maka pemerintah memastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin untuk menjamin kenyamanan seluruh kontingan mau pun pihak yang terlibat, baik langsung mau pun tidak langsung,” pungkasnya.(rid/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Selasa, 20 Oktober 2020
29o
Kurs