Selasa, 20 Oktober 2020

Menpora Akan Usulkan Surabaya Jadi Tempat Pembukaan Piala Dunia U-20

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rombongan Menpora saat meninjau stadion GBT, Jumat 18 September 2020. Foto: Istimewa.

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, menilai kota Surabaya paling siap menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021.

“Intinya Surabaya yang paling siap. Nah, tentu kita akan terus ikuti perkembangannya,” kata Zainudin Amali seusai peninjauan di Stadion GBT, Jumat (18/9/2020).

Menpora juga akan mengusulkan kepada Federation of International Football Association (FIFA) agar Surabaya menjadi salah salah satu calon lokasi acara pembukaan. Ia juga menegaskan bahwa sampai hari ini, belum dipastikan di mana opening ceremony Piala Dunia U-20 itu akan digelar.

“Kita lihat perkembangannya. Kalau memang bagus, akhirnya kita akan usulkan ke FIFA salah satu calon acara pembukaannya di sini,” tegas dia.

Menpora juga mengapresiasi kerja Tri Rismaharini yang turun langsung memantau persiapan perbaikan GBT. Bahkan, ia meminta daerah-daerah lain yang juga menjadi tuan rumah, seharusnya dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan Risma dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

“Ibu Risma luar biasa sekali. Beliau terus-terusan berada di sini. Jadi ini yang kita harapkan oleh pemerintah daerah yang ketempatan. Mestinya begini mencontoh apa yang dilakukan Ibu Risma,” papar dia.

Sementara itu, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menjelaskan, jika nantinya Surabaya menjadi tempat pembukaan acara, ia juga sudah mempersiapkan komplit mulai dari welcome dinner hingga atraksi kesenian yang akan dipertontonkan. Karena saat bidding beberapa waktu lalu, hal tersebut juga sudah dipaparkan oleh Risma.

“Jadi Insya Allah siap Surabaya kalau misalkan nanti dibuat untuk openingnya. Untuk stadion targetnya akan selesai akhir tahun yakni pada Desember mendatang,” kata dia.

Risma mengaku akan terus mengebut hingga tahap finishing. “Saat ini yang dikebut salah satunya pengerjaan akses jalan. Mudah-mudahan awal tahun kelar,” katanya.

Sekadar diketahui, menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia dan Iwan Budianto Wakil Ketua Umum PSSI meninjau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pada kesempatan itu, rombongan disambut oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya beserta jajarannya. (bid/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Selasa, 20 Oktober 2020
30o
Kurs