Sabtu, 20 April 2024

Polisi Kerahkan 5.000 Personel Amankan Liga 1 Besok

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya di acara launching Program Cak Tejo di Taman Bungkul, Surabaya pada Minggu (26/1/2020). Foto: Baskoro Suara Surabaya

Liga 1 Indonesia 2020 akan digelar besok, Sabtu (29/2/2020), pukul 18.30 WIB, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Laga pembuka itu mempertemukan dua klub Jawa Timur, yaitu Persebaya Surabaya vs Persik Kediri.

Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya mengatakan, pengamanan untuk laga tersebut sudah dipersiapkan. Pihaknya akan mengerahkan sekitar 5 ribu personel dan nantinya juga dibantu dari beberapa polres lainnya.

“Untuk pengamanan besok, kami melibatkan 2.300 perosnel yang ada di ring satu. Tapi itu bukan termasuk PAM jalur, PAM tertutup dan pengamanan objek vital lainnya. Jadi total ada sekitar 5 ribuan personel,” kata Sandi, Jumat (28/2/2020).

Pengamanan Liga 1 itu, kata Sandi, sebelumnya sudah dibahas dalam rapat teknis. Tidak hanya di lingkungan stadion saja, tapi pengamanan arus lalu lintas atau akses menuju stadion juga menjadi protap jajaran Polda Jatim.

Sebanyak 50ribu tiket pertandingan besok sudah ludes terjual. Sehingga, stadion GBT besok akan dipenuhi puluhan ribu penonton dan sekitarnya cenderung padat. Untuk itu, pihak kepolisian sudah menyiapkan pola-pola pengamanan agar pertandingan berjalan lancar.

“Masalah protap pengaturan lalu lintas sudah dilakukan. Untuk pagi tidak ada masalah. Siang hari jelang buka gate stadion, itu kami akan mengutamakan yang menuju gate stadion. Pada waktu bubaran kami utamakan yang keluar stadion,” ujarnya.

“Itu sudah menjadi protap dari Polda Jatim. Setiap kali ada pengamanan bola, Polres-Polres sekitarnya akan melakukan kegiatan imbangan. Misal berupa sweeping dan filterisasi. Seperti kemarin pertandingan di Sidoarjo, kami juga lakukan filterisasi di Waru dan lainnya,” tambahnya.

Sandi mengimbau, kepada masyarakat Kota Surabaya agar tetap menjaga kondusifitas. Dengan digelar Liga 1 tersebut di Surabaya, pihaknya ingin masyarakat menjadi tuan rumah yang baik.

“Harapan kami kepada masyarakat Kota Surabaya, arek-arek suroboyo, Bonek, Bonita untuk kita jaga. Kita buktikan bahwa Surabaya adalah tuan rumah yang baik dalam penyelenggaran sepak bola,” pungkasnya.

Tak hanya pengamanan, Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Wilayah Jatim juga akan turut serta untuk mengawasi pertandingan Liga 1 Indonesia 2020 besok.

Hal itu diungkapkan Kombes Pol Pitra Ratulangi Kepala Satgas Antimafia Bola Wilayah Jatim, Jumat (21/2/2020) lalu. Dia berharap, tidak ada perbuatan melawan hukum yang bisa mempengaruhi hasil pertandingan.

Selain itu, kata dia, Liga 1 itu juga diharapkan menjadi pertandingan yang berjalan dengan bersih dan jujur sebagaimana mestinya. Dengan begitu, bisa mencetak atlet-atlet sepak bola Jatim yang handal dan tangguh.

“Mana kala ada oknum-oknum melakukan tindak pidana bertentangan dengan ini, tim kami sudah siap melakukan penindakan secara hukum. Kami sudah siapkan personel untuk menangani itu,” kata Pitra. (ang/ipg)

Berita Terkait

Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Demi Persebaya, Nekat Panjat Tembok Stadion


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs