Jumat, 19 April 2024

Arek Suroboyo Berbakat Sepak Bola Berpeluang Berlatih di Klub Ajax

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Seleksi Tim Nasional (Timnas) U-16 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/6/2021). Foto : Humas Pemkot

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memastikan, Pemkot Surabaya akan terus memfasilitasi arek-arek Suroboyo yang punya talenta dan kemampuan di bidang sepak bola. Bahkan rencananya, arek-arek Suroboyo yang berbakat akan dikirim ke Belanda. Hal ini dia tegaskan saat memantau seleksi Tim Nasional (Timnas) U-16 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/6/2021).

“Surabaya adalah Kota Sepak Bola sebenarnya, banyak aset-aset seperti anak-anak Surabaya yang hebat-hebat. Saya juga ingin mengembalikan Surabaya sebagai Kota Sepak Bola. Insyallah nanti akan ada seperti Diklat Sepak Bola Surabaya. Saya ingin seluruh arek-arek Suroboyo bisa support untuk Timnas. Pemerintah akan memfasilitasi,” ujarnya.

Rencananya Diklat Surabaya ini akan digelar mulai Juli mendatang. Dengan adanya diklat ini ia ingin menyiapkan arek-arek Suroboyo untuk Piala Soeratin maupun Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), sehingga bisa menegaskan kembali Kota Surabaya sebagai Kota Sepakbola.

“Saya berharap diklat ini akan berjalan bulan Juli, jadi kalau ada persiapan Piala Soeratin atau Porprov kita bisa seperti dulu lagi,” katanya.

Selain menggelar Diklat Sepak Bola Surabaya, ia mengaku sudah bekerja sama dengan Kota Liverpool untuk mengirim anak-anak berbakat berlatih ke sana. Setelah beberapa pekan lalu bertemu dengan seluruh Komjen yang berada di Surabaya, ke depan ia pun ingin mengirim arek-arek Suroboyo berlatih di Belanda, terutama ke klub Ajax.

“Kemarin saya bertemu dengan Komjen di Surabaya, dari seluruh dunia. Saya sampaikan bahwa Surabaya pernah mengirimkan anak-anak untuk berlatih di Liverpool, sehingga nanti bisa juga dilakukan di Belanda,” ujarnya.

Dengan mengirimkan anak-anak untuk berlatih di luar negeri, ia berharap hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mereka agar dapat bersaing di level nasional maupun internasional. “Dengan berlatih di sana, tentu ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya dan kemampuan dari arek-arek Suroboyo,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap dengan berlangsungnya seleksi Timnas U-16 di Stadion Gelora Bung Tomo ini, ia berharap akan menjadi cambuk bagi anak-anak Kota Surabaya agar tetap semangat dan terus berusaha untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia ke depannya.

“Dengan diselenggarakannya seleksi Timnas U-16 di Surabaya, saya berharap ini bisa memberikan semangat untuk arek-arek Suroboyo untuk bisa menjadi bagian dari Timnas nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti menyatakan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa pemain-pemain Timnas U-16, U-19, dan bahkan U-23 Senior, banyak bermaterikan pemain-pemain dari Jawa Timur, terutama Surabaya. “Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pemain-pemain timnas U-16, U-19, dan U-23 Senior banyak bermaterikan pemain-pemain dari Surabaya,” kata Bima.

Ia pun sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan oleh Wali Kota Eri terkait keingannanya membentuk Diklat Sepak Bola Surabaya, ia berharap hal ini dapat diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia, sehingga ke depan siapa pun pelatih timnas tidak akan kesulitan untuk menemukan bibit-bibit pesepakbola yang akan diseleksi masuk ke Timnas U-16.

“Semoga ini tidak hanya di Surabaya saja, kami berharap di daerah-daerah lain juga sama dengan diadakannya diklat,” ujarnya. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs