Senin, 27 Juni 2022

Atlet Olimpiade Kembali ke Pelatnas, Persiapan Kualifikasi Paris 2024

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kontingen Indonesia peserta Olimpiade Tokyo yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (4/8/2021). Foto: Antara

Sebagian atlet, pelatih dan ofisial yang telah menuntaskan masa karantina selama delapan hari pasca kembali dari Tokyo telah dipulangkan kembali ke federasi cabang olahraga dan pelatnasnya masing-masing.

Para atlet yang dipulangkan hari ini adalah mereka yang kembali ke Tanah Air pada Kamis (29/7/2021). Mereka adalah Eko Yuli Irawan Windy Cantika Aisyah, dan Deni yang bernaung di bawah PB PABSI. Selain itu, ada dua atlet dayung, Melati Putri dan Mutiara Rahma Putri, perenang Azzahra Permatahani, serta peselancar Rio Waida dan I Ketut Agus Aditya Putra.

Dalam keterangan tertulis yang dibagikan Jumat (6/8/2021) Rosan P. Roeslani Chef de Mission kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 melaporkan bahwa atlet berada dalam kondisi yang sehat, dan siap kembali berlatih dalam menghadapi berbagai ajang olahraga termasuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

“Alhamdulillah semua atlet yang kembali pada tanggal 29 Juli kemarin semua dalam keadaan sehat, mereka sudah menyelesaikan masa karantina, dan kini bisa pulang dan kembali berlatih. Karena seperti kita ketahui, beberapa cabang olahraga akan menjalani event kualifikasi menjelang Olimpiade Paris 2024,” ujar Rosan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB PABSI itu, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga berpesan kepada para atlet untuk tidak bersantai-santai karena kualifikasi Olimpiade Paris akan segera dimulai akhir tahun ini.

“Tidak terasa di akhir tahun ini sudah ada proses kualifikasi Olimpiade 2024, tidak ada waktu untuk bersantai-santai. Kami dari Komite Olimpiade Indonesia menyambut baik energi positif para atlet, pelatih, ofisial, dan pengurus federasi nasional agar lebih banyak lagi atlet yang lolos ke Paris 2024,” ujar Okto.

Kontingen Indonesia membawa pulang lima medali dari Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli – 8 Agustus. Tiga medali pertama datang dari cabang angkat besi. Lifter belia Windy Cantika Aisah membuka perolehan medali Merah Putih dengan raihan medali perunggu di kelas 49kg putri. Eko Yuli Irawan menyusul dengan peraknya di kelas 61kg putra, diikuti Rahmat Erwin Abdullah yang meraih perunggu dari kelas 73kg putra.

Sementara itu, medali emas datang dari cabang bulu tangkis nomor ganda putri lewat Greysia/Apriyani. Anthony Sinisuka Ginting menambah medali perunggu Indonesia di nomor tunggal putra.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
29o
Kurs