Jumat, 29 Maret 2024

Bonucci Jadi Pencetak Gol Tertua, Raih ‘Star of The Match’ Final Euro 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Bek tim nasional Italia Leonardo Bonucci melakukan selebrasi bersama trofi Henri Delauney di hadapan suporter seusai menjuarai Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris lewat adu penalti dalam partai final di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (11/7/2021) waktu setempat. Foto: Reuters/Laurence Griffith

Leonardo Bonucci bek tim nasional Italia dianugerahi gelar player of the match atau pemain terbaik dalam final Euro 2020 seusai menjebol gawang Inggris di Wembley, London, Minggu (11/7/2021) waktu setempat (Senin WIB).

Bonucci mencetak gol pada menit ke-67 yang menghidupkan asa Italia yang sempat tertinggal karena rekor gol tercepat final Euro yang dicetak Luke Shaw untuk Inggris.

Tak hanya itu, gol tersebut membuat Bonucci kini memegang rekor sebagai pencetak gol tertua di final Euro dalam usia 34 tahun dan 71 hari, menggusur Bernd Hoelzenbein yang mencetak gol untuk Jerman Barat dalam final Euro 1976 dalam usai 30 tahun.

Bek Juventus itu belakangan juga memainkan peranan penting, termasuk menghalau tembakan berbahaya Raheem Sterling yang nyaris merestorasi keunggulan Inggris.

Melengkapi itu semua, Bonucci juga turut sukses melakoni tugasnya sebagai algojo Italia dalam adu penalti, yang berakhir dengan kemenangan 3-2.

Atas semua kontribusinya itu, Packie Bonner peninjau teknis UEFA menyematkan gelar “Star of the Match” final Euro 2020 kepada Bonucci.

“Sungguh penampilan pertahanan yang amat kuat dari pemain berusia 34 tahun ini,” kata Bonner dikutip dari laman resmi UEFA yag dilansir Antara.

“Dia mampu mendistribusikan bola dari lini belakang dan mencetak gol penyama kedudukan yang penting itu,” ujarnya.

Tentu saja, semua torehan individual Bonucci itu tak lebih penting dari medali emas yang berkalung di lehernya serta kesempatan mencium trofi Henri Delauney yang diraih Italia di Wembley.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs