Jumat, 21 Juni 2024

Gubenur Jawa Timur Dukung E-Sport dan Industri Gim

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa bersama pemenang East Java Student Championship 2021, di kantor pusat Bank Jatim, Sabtu (9/10). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur secara resmi menutup perhelatan Kompetisi game Mobile Legend bertajuk East Java Student Championship 2021 di Hall Bromo, kantor pusat Bank Jatim, Sabtu(9/10/2021).

Khofifah mengatakan, electronic sports atau e-sports telah menjelma sebagai cabang baru di bidang olahraga yang banyak digemari generasi muda. E-sports hadir seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian canggih.

“Sebagai cabang baru di bidang olahraga, e-sports memiliki tantangan tersendiri. Yakni, kebutuhan terhadap sumber daya manusia dan teknologi yang memadai,” kata Khofifah.

Di sisi lain, industri game di Indonesia tumbuh cukup potensial. Pada 2017, perputaran ekonominya mencapai Rp12 triliun atau tumbuh 25 persen. Ke depan, industri game ini diprediksi semakin meningkat. Karena itu, perlu ditumbuhkan iklim e-sports yang memadai di Indonesia, terutama Jawa Timur.

“Saya ingin lewat e-sport ini, anak-anak kita bisa membangun kearifan. Mudah-mudahan anak-anak semua menjadi champion. Dan bisa membawa nama baik Jawa Timur dan bawa harum bangsa Indonesia,” tambah Khofifah.

East Java Student Championship 2021 diikuti oleh 500 tim atau 2.500 peserta jenjang SMA negeri dan swasta tersebut, kompetisi online telah dimulai pada 24-26 September 2021. Tim-tim tersebut lantas dipertemukan dalam babak single elimination hingga tercapai delapan besar.

Delapan besar tim inilah yang bertanding secara offline di kantor pusat Bank Jatim. Selanjutnya diperoleh pemenangnya yaitu Pinandhita Legends, tim asal tim asal SMAN 2 Lumajang, yang menerima piala langsung dari Gubenur Jawa Timur dan uang senilai Rp10juta.(man/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs