Jumat, 19 April 2024

Jatim Selangkah Lagi Penuhi Target Emas Tenis Beregu Putri

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Beatrice Gumulya (kanan) dan Aldila Sutjiadi Ganda putri Jawa Timur melakukan tos usai mencetak angka dari lawannya Priska M. Nugroho/Septiana Nur Zahiroh ganda putri Papua dalam partai semifinal tenis beregu putri PON Papua di Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Jawa Timur berhasil melaju ke final setelah menang dengan skor 2-1. Foto: Antara/Akbar Nugroho

Tim Jawa Timur selangkah lagi memenuhi target medali emas cabang olahraga tenis beregu putri PON Papua usai membungkam perlawanan tuan rumah Papua 2-1 dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di arena tenis lapangan kawasan perkantoran Wali Kota Jayapura, Kamis (30/9/2021).

Perjalanan Jatim untuk mencapai babak final tidak mudah. Pertandingan melawan tim Papua harus diselesaikan hingga tiga partai dengan durasi sekira tujuh jam.

Pada partai tunggal pertama, Aldila Sutjiadi nampak kesulitan menumbangkan Novela Rezha.

Peraih medali emas tunggal putri SEA Games 2019 itu banyak melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan dan menyerah 5-7 pada set pertama.

Aldila berhasil bangkit dan memenangi set kedua dengan skor 6-3. Peraih emas ganda campuran Asian Games 2018 itu semakin percaya diri dan menyelesaikan set ketiga dengan skor telak 6-1.

“Set pertama saya memang kurang bermain cukup baik, banyak melakukan unforced error dan juga lawan bermain nothing to lose ya karena kan underdog. Tapi, di set kedua dan ketiga saya bisa lebih fokus lagi dan bisa membalikkan keadaan. Saya lebih percaya diri lagi di set kedua dan ketiga,” ujar Aldila seperti yang dilansir Antara.

Pada partai tunggal kedua, wakil tuan rumah Papua Priska Madelyn Nugroho berhasil mengalahkan seniornya di Pelatnas, Jessy Rompies, dengan skor 7-5, 6-2 sehingga memaksa tim Jatim untuk memainkan partai ganda.

Kembali ke lapangan, Aldila memainkan partai ketiga ganda bersama Beatrice Gumulya untuk menghadapi Priska yang berpasangan dengan Septiana Nur Zahiroh.

Priska/Septiana berhasil menahan laju permainan Aldila/Beatrice, bahkan membawa ke super tie break 7-5, 6-6 (7-6).

“Kita cukup waspada di ganda, karena memang di ganda itu formasinya cepat apalagi…. memang sempat ketinggalan di set pertama dan set kedua ya, tapi itu cuman satu break, jadi kita sangat bersyukur aja hari ini kita bisa menang dan masuk babak final,” ujar Aldila.

Pertandingan memperebutkan slot ke final tersebut didominasi oleh pendukung tim tuan rumah. Sorak sorai dukungan penonton untuk tim Papua diakui Aldila sedikit mengganggu konsentrasinya.

“Kita tahu tuan rumah pasti suporternya akan banyak dan tidak akan menguntungkan kita, tapi ya kita sebisa mungkin fokus kepada diri kita dan juga kepada teman-teman kita yang mendukung kita di sini,” Aldila menambahkan.

Selanjutnya di babak final, Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan akan bertemu DKI Jakarta yang telah lebih dahulu mengamankan tempat di final setelah mengalahkan Papua Barat dengan skor 2-0.

Final nomor beregu putri akan digelar Minggu, 3 Oktober 2021. Pertandingan cabang olahraga tenis lapangan PON XX Papua dijadwalkan berlangsung 26 September hingga 7 Oktober 2021.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs