Selasa, 19 Maret 2024

Upacara Pembukaan PON Akan Tunjukkan Keindahan Alam Papua

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Foto: kemenpora.go.id

Ade Lukman Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat membocorkan bahwa konsep upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 yang akan digelar pada Sabtu malam (2/10/2021) di Stadion Lukas Enembe bakal menunjukkan keindahan alam Bumi Cenderawasih.

Menurut Ade, pesan tersebut salah satunya akan disampaikan melalui pertunjukan tari dari ratusan penari asli Papua.

“Temanya ya intinya lebih kepada menunjukkan keindahan flora, fauna dan kebudayaan Papua,” kata Ade seperti dilaporkan Antara, Selasa (28/9/2021).

Selain pertunjukan tari, acara pembukaan PON Papua 2021 juga akan diisi dengan berbagai hiburan kreatif lainnya, seperti konser musik yang dibawakan oleh musisi Papua.

Seluruh segmen kreatif di pembukaan, lanjut Ade, akan melibatkan masyarakat asli Papua dan dipastikan tidak akan ada artis ibu kota.

Ade menjelaskan bahwa upacara pembukaan tetap bakal menjalankan prosedur dan ketetapan seperti multievent olahraga lainnya, mulai dari parade defile kontingen, pembacaan janji atlet, hingga penyalaan kaldron.

Namun Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebelumnya mengatakan bahwa parade defile tidak akan semeriah biasanya karena panitia membatasi jumlah peserta sebagai upaya untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Terkait kehadiran penonton, pemerintah telah menetapkan maksimal hanya 25 persen dari total kapasitas stadion yang mencapai 40.000 orang yang diizinkan hadir. Jumlah tersebut sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya.

Sementara bagi masyarakat yang ingin menonton diwajibkan sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Zainudin juga memastikan bahwa Joko Widodo Presiden akan membuka langsung PON Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe. Menurut dia, panitia penyelenggara, TNI, Polri, dan unsur-unsur terkait telah memastikan bahwa upacara pembukaan bakal berjalan aman dan lancar.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs