Rabu, 1 Februari 2023

Jokowi Berikan Penghargaan buat Kontingen Indonesia di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden pada Jumat (17/9/2021), menerima kedatangan dan memberikan penghargaan sejumlah atlet Indonesia yang beberapa pekan lalu berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Jumat (17/9/2021) pagi, menerima kedatangan dan memberikan penghargaan sejumlah atlet Indonesia yang beberapa pekan lalu berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020.

Pertemuan di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, berlangsung santai, dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, Presiden mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atlet untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

“Saya beserta seluruh rakyat meyambut kepulangan para atlet dengan gembira, senang dan bangga. Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras saudara-saudara yang telah meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia,” ucap Presiden.

Jokowi berharap, prestasi yang diraih para atlet disabilitas menjadi inspirasi serta memotivasi seluruh masyarakat untuk memberikan yang terbaik buat Bangsa dan Negara Indonesia.

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi para atlet, mau pun masyarakat Indonesia agar terus memberikan prestasi untuk bangsa dan untuk negara,” imbuhnya.

Sebagai bentuk apresiasi yang konkret, Presiden atas nama pemerintah memberikan bonus untuk peraih medali, serta para atlet yang tidak meraih medali, dan juga pelatihnya.

Khusus untuk peraih medali emas, pemerintah memberikan bonus Rp5,5 miliar. Peraih perak mendapat Rp2,5 miliar, dan peraih perunggu Rp1,5 miliar.

Seperti diketahui, Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 berhasil meraih sembilan medali, dengan rincian dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Raihan medali itu menjadi catatan terbaik sepanjang keikutsertaan Indonesia di ajang Paralimpiade.

Pada Paralimpiade 2016 di Brasil, Kontingen Indonesia membawa pulang satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.(rid/ipg)

Berita Terkait