Selasa, 28 September 2021

Jokowi Presiden Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melepas secara simbolis Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo, Kamis (8/7/2021), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo secara simbolis di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/7/2021) siang ini.

Upacara pelepasan para atlet Indonesia diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Dalam arahannya kepada para atlet dan ofisial yang hadir langsung dan virtual, Presiden mengatakan persiapan Kontingen Indonesia menghadapi Olimpiade Tokyo di tengah situasi pandemi sudah maksimal.

Sebanyak 28 atlet dari delapan cabang olahraga juga sudah bekerja keras meningkatkan kemampuannya, untuk meraih medali juara. Presiden meminta para atlet dan ofisial menjaga kesehatan, stamina, serta motivasi mulai hari ini sampai ke puncak pertandingan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap, para atlet fokus pada pertandingan dan prestasi di Olimpiade Tokyo, supaya bisa pulang membawa medali untuk rakyat, bangsa, dan negara.

Sementara itu, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga bilang, seluruh atlet, ofisial, dan tenaga pendamping yang akan berangkat ke Tokyo sudah menerima vaksin Covid-19 pada 26 Februari 2021.

Sekadar informasi, Olimpiade Tokyo akan berlangsung tanggal 23 Juli sampai 10 Agustus 2021. Kontingen Indonesia yang terdiri dari 28 atlet dari delapan cabang olahraga dan 17 ofisial akan berangkat bersama Rosan Perkasa Roeslani selaku Chef de Mission.

Beberapa cabang olahraga yang menjadi unggulan mendapat medali di antaranya bulu tangkis, angkat besi, panahan, dan selancar air.

Di dalam event olahraga multicabang internasional itu, Pemerintah Indonesia tidak memasang target perolehan medali. Tapi, pemerintah tetap menyediakan bonus untuk atlet yang berhasil mendapatkan medali juara.

Rinciannya, peraih medali Emas akan menerima Rp5 miliar, medali perak Rp2 miliar, dan perunggu bisa membawa pulang Rp1 miliar. (rid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
33o
Kurs