Sabtu, 27 April 2024

Lifter Rahmat Erwin Persembahkan Kado Perunggu, Dubes Heri Optimis Masih Ada Medali Berikutnya Untuk Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Rahmat Erwin Abdullah Lifter Indonesia menyumbangkan medali perunggu untuk Merah Putih dalam cabang angkat besi kelas 73kg Olimpiade Tokyo, Rabu (28/7/2021). Foto: Istimewa

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang menyambut gembira medali ketiga yang disumbang oleh Rahmat Erwin Abdullah.

“Salut untuk perjuangan Rahmat. Meski sempat alami cedera, tetapi ia mampu bangkit untuk menambah perolehan medali kita. Saya semakin yakin akan ada medali berikut untuk Indonesia,” ujar Heri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/7/2021)

Sebelumnya, Rahmat Erwin Abdullah memberikan kado manis untuk Indonesia dengan perolehan medali perunggu di cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Tokyo Rabu (28/7/2021).

Rahmat yang tampil terbaik di Grup B kelas 73 kg putra usai membukukan angkatan total 342kg (snatch 152kg dan clean & jerk 190kg). Dengan hasil itu Rahmat berhak mendapatkan medali perunggu di Tokyo International Forum Jepang.

“Saya sangat bersyukur. Medali ini saya persembahkan untuk keluarga saya, ayah dan ibu. Untuk seluruh masyarakat Indonesia, Kemenpora, NOC Indonesia, PB PABSI, serta semua yang sudah mendukung saya,” kata Rahmat usai pertandingan kepada tim NOC Indonesia.

Rahmat terinspirasi menjadi lifter angkat besi karena termotivasi kedua orang tuanya yang juga lifter nasional yakni Erwin Abdullah yang kini menjadi pelatihnya dan turut mendampingi Rahmat di Tokyo.

Shi Zhiyong lifter China membukukan total angkatan 364 kg (snatch 166 kg dan clean & jerk 198 kg) yang sekaligus menjadi rekor baru Shi Zhiyong di Olimpiade dengan medali emas. Sementara itu perak diamankan Mayora Pernia Julio Ruben lifter Venezuela dengan total angkatan 345 kg (snatch 156 kg dan clean & jerk 190 kg).

Rahmat Erwin Abdullah sempat mengalami cedera paha belakang saat melakukan pemanasan menjelang angkatan clean & jerk. Namun demikian, Rahmat ternyata mampu mempertajam rekor angkatan terbaiknya. Sebelumnya, Rahmat memiliki angkatan snatch terbaik 148 kg dan clean & jerk 187 kg. Dengan penambahan beban 7 kg di kedua jenis angkatan itu, Total Angkatan Rahmat yang tadinya 335 kg naik menjadi 342 kg.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs