Kamis, 28 Maret 2024

Momen Hening Pembukaan Olimpiade Tokyo, Doa untuk Korban Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penari membawakan tarian dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). Foto: Olympics.com

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, Jumat (23/7/2021) malam, menyelipkan momen hening untuk mengenang mereka yang meninggal karena Covid-19.

Seperti dilaporkan Antara, momen hening itu sekaligus mengenang insiden pembantaian Munchen yang menewaskan atlet Israel pada Olimpiade Munchen 1972.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo yang disiarkan langsung TVRI dan secara daring di Vidio.com itu resmi dimulai, ditandai kembang api yang memeriahkan langit malam kota Tokyo.

Sebelum nyala kembang api, acara yang digelar di Stadion Nasional Tokyo, Olympics Stadium tanpa penonton itu dibuka dengan lampu sorot yang mengarah pada seorang penari berbaju putih, dengan bayang-bayang menyerupai tunas yang makin lama semakin membesar.

Belasan penari kemudian muncul memenuhi lapangan bersama dengan video memproyeksikan tali berwarna merah yang menghubungkan satu sama lain.

Naruhito Kaisar Jepang dan Thomas Bach Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) memasuki stadion dengan menggunakan masker.

Selanjutnya, bendera Jepang dibawa ke stadion oleh enam orang, termasuk di dalamnya para mantan atlet Olimpiade. Para penari kemudian menyalakan simbol cincin Olimpiade.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs