Selasa, 16 April 2024

Persija, Persib, Persebaya, dan Arema Tak Bersua di Penyisihan Grup Piala Menpora

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pesepakbola Persebaya Oktavianus Vernando (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Persija dalam final Piala Gubernur Jawa Timur di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020). Foto : Antara

Akhmad Hadian Lukita Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan, di turnamen pramusim Piala Menpora 2021, empat klub yaitu Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC akan berada di grup terpisah yang membuat tim-tim itu tak bersua di penyisihan grup.

“Empat klub itu akan dipisahkan di empat kota. Ini pertimbangan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat-red) dari kepolisian,” ujar Akhmad Hadian, Sabtu (6/3/2021) dilansir Antara.

Meski demikian, LIB belum memastikan keempat tim tersebut ada di grup mana.

Hal itu akan diketahui dalam pengundian grup Piala Menpora 2021 pada Senin (8/3/2021) besok di Jakarta mulai pukul 19.30 WIB.

Baik Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC memang memiliki jejak gesekan antarsuporter yang panjang.

Menurut LIB, pengalaman itu membuat Polri tidak ingin mengambil risiko. Apalagi kompetisi diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Sudjarno Direktur Operasional LIB turut menegaskan, selain permintaan dari Polri, kebijakan memisahkan Persija, Persib, Persebaya dan Arema didasarkan pada berbagai pertimbangan.

“Ada juga soal kesiapan pemerintah daerah dan masukan dari klub Liga1. Banyak pertimbangan yang mengharuskan adanya pemisahan tempat serta grupnya,” tutur Sudjarno.

Di samping itu, LIB juga memastikan tidak ada klub yang akan menjadi tuan rumah di penyisihan grup turnamen pramusim tersebut. Seperti, misalnya, PSS tidak akan berlaga di grup yang berlangsung di Sleman.

“Kebijakan itu supaya ada keadilan untuk yang lain,” kata Akhmad Hadian.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021, yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, akan diikuti 18 tim Liga 1.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pengundian grup dan rapat manajer akan dilakukan pada 8 Maret 2021 di Jakarta.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Nantinya, tim juara Piala Menpora 2021 akan mendapatkan hadiah Rp2 miliar. Peringkat kedua meraup Rp1 miliar, lalu Rp750 juta untuk tim terbaik ketiga dan Rp500 juta untuk tim terakhir di empat besar.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
34o
Kurs