Rabu, 17 April 2024

Sebanyak 543 Atlet Perkuat Kontingen Jatim untuk PON Papua

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Erlangga Satriagung (kanan) Ketua KONI Jatim didampingi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat memberikan keterangan pers usai pelepasan kontingen Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (9/9/2021). Foto: Antara

KONI Jatim menyatakan kontingen Jawa Timur akan diperkuat sebanyak 543 atlet pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021.

“Dengan kekuatan itu, Jatim menargetkan juara umum pada PON kali ini,” ujar Erlangga Satriagung Ketua KONI Jatim di sela pelepasan kontingen Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (9/9/2021).

Selain atlet, ia mengatakan, pihaknya juga memberangkatkan sebanyak 161 pelatih beserta tim mekanik yang berjumlah 78 orang.

Ia pun turut mendukung penuh tim sport science, yang terdiri dari ahli psikologi, ahli nutrisi dan gizi, ahli kesehatan, serta massage.

“Kami juga dibantu pendampingan 50 personel pengamanan dari Polda Jatim. Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Kapolda Irjen Pol Nico Afinta,” ucap Erlangga seperti yang dilansir Antara.

Pada PON Papua, Jatim hanya mengikuti 34 cabang olahraga dari total 37 cabor yang dipertandingkan.

Pemberangkatannya, menurut dia, akan dilakukan secara bertahap mulai 10 September 2021, yaitu sebagian tim satgas. Kemudian pada 12 September dan selanjutnya beberapa hari jelang penyelenggaraan.

“Apalagi ada sebagian cabor yang dilangsungkan sebelum pembukaan. Yang jelas, seluruh atlet siap memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur,” kata pria yang juga pengusaha tersebut.

“Urusan bonus tidak dibahas sekarang. Bertanding dulu, berusaha untuk menang, lalu berbicara bonus,” tambahnya, terkait bonus atlet.

Seperti diketahui, PON Papua akan diselenggarakan di empat daerah atau klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika.

Total medali emas yang ditargetkan Jatim pada PON Papua mencapai sekitar 120 keping dan menjadi juara umum. Mereka bertekad memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, yang menempati posisi kedua di bawah tuan rumah.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Secara keseluruhan, terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan pada PON XX Papua.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs