Jumat, 26 April 2024

Esport Resmi Jadi Cabor Eksibisi di PON XX Papua

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mobile Legends Bang Bang. Foto: APK Pure

Esport atau olahraga elektronik secara resmi akan menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Glorya Famiela Ralahalo Ketua Pelaksana Eksibisi Esport PON XX Papua mengatakan, olahraga elektronik ini akan menjadi satu dari 10 cabor dalam pertandingan eksibisi PON Papua.

Dia pun mengungkapkan, ada tiga nomor pertandingan pada cabor esport yang sudah pasti akan dimainkan secara “battle royal” di Papua pada akhir September 2021 mendatang.

“PON XX Papua ini jadi debut esport sebagai cabor. Ada tiga nomor pertandingan dengan genre berbeda yang akan dilaksanakan secara ‘battle royal’n Yakni gim Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES,” kata Glorya seperti dilaporkan Antara, Minggu (298/2021).

Sementara untuk gim sepak bola, yakni eFootball PES, akan dipertandingkan secara perorangan ataupun ganda pada gim console. Pendaftarannya, kata dia, sudah dibuka secara umum dan siapapun bisa berpartisipasi.

“Pendaftarannya bisa dilakukan secara daring di laman garudaku.com, dan akan diikuti oleh seluruh atlet dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia,” ungkap Glorya.

Lebih lanjut, kata dia, untuk seleksi atlet esport yang akan mengikuti eksibisi iru sudah dilakukan sejak Juli 2021 lalu oleh masing-masing Pengprov ESI yang tersebar di Indonesia.

“Jadi, setiap daerah nanti akan mengirimkan tim atau atlet untuk mewakili daerahnya masing-masing, dan seleksinya ini akan dilakukan di masing-masing provinsi,” ujar Glorya.

Lokasi yang akan digunakan untuk eksibisi esport itu nantinya akan menumpang di arena kriket yang terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. “Kami sudah survei lokasi dan sangat layak,” papar Glorya. (ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs