Sabtu, 4 Mei 2024

Sempat Vakum karena Pandemi, Gabsi Kembali Gelar Piala Pahlawan

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Ilustrasi. Bridge.

Sesudah absen kegiatan sejak 2020 karena pandemi Covid-19, Pengurus Provinsi Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Pengprov GABSI) Jawa Timur akan kembali menggelar kejuaraan Piala Pahlawan.

Gabsi berencana menggelar Piala Pahlawan tanggal 20-21 November 2021 akan menggelar kejuaraan Bridge di Hotel Utami Sidoarjo.

Raf Radiant Agung, Sekretaris Pengprov GABSI Jawa Timur mengatakan, kejuaraan Bridge Piala Pahlawan ini sebenarnya sudah menjadi kalender rutin tahunan. Namun tidak digelar tahun kemarin karena pandemi Covid-19.

“Sekarang karena pandemi sudah mereda dan pemerintah memberi kelonggaran kegiatan, kejuaraan ini diputuskan untuk dilaksanakan kembali. Event ini juga sudah menjadi agenda pengurus GABSI Pusat,” katanya kepada Suara Surabaya, Jumat (19/11/2021).

Raf Radiant mengatakan, animo peserta Piala pahlawan tahun ini cukup besar karena dari kuota 46 tim, saat ini sudah penuh. Bahkan panitia terpaksa menolak peserta yang ingin mendaftar.

Kata Raf, peserta tidak hanya berasal dari Jawa Timur saja.

“Mereka juga ada yang datang dari berbagai daerah, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Banten dan beberapa daerah lainnya,” ungkapnya.

Sementara tentang syarat pendaftaran, pihaknya mengatakan cukup mudah. Yang penting ada uang pendaftaran dan masing-masing tim diperkuat 6 orang. Panitia juga menerapkan protokol kesehatan ketat dalam gelaran ini.

Untuk kejuaraan Piala Pahlawan tahun ini, Raf mengungkapkan, sebenarnya sudah bukan menjadi turnamen yang asing untuk peserta karena tujuan utamanya untuk ajang uji coba atlet Jatim. Semacam ajang try out untuk mengikuti kejuaraan provinsi, dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022.

Kejuaraan ini bisa dimanfaatkan atlet-atlet daerah untuk melakukan uji coba kemampuan. Mengasah ketrampilan dalam melakukan pertarungan dengan tim lain.

“Selain itu sebagai media Pengprov GABSI Jatim untuk mencari bibit-bibit potensi baru. Apalagi Jatim juga masih menjadi satu di antara barometer kekuatan cabang olahraga Bridge di Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap, pertandingan ini juga sebagai awal positif untuk kelanjutan Organisasi Bridge Jatim yang baru saja berganti kepengurusan untuk periode 4 tahun ke depan.

Kejuaraan Bridge Piala Pahlawan akan mempertandingkan 3 kategori, mulai dari kelompok usia open atau umum, 21 tahun dan 25 tahun yang memperebutkan hadiah total Rp32 juta.

Selain menggelar kejuaaran Piala Pahlawan di bulan November ini, Pengprov GABSI Jatim juga akan mengelar Kejuaran Provinsi Bridge yang akan digelar di Lumajang 27 dan 28 November.(bud/dfn/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs