Sabtu, 20 April 2024

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Messi Pemain Terbaik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lionel Messi merayakan kesuksesan Argentina mengalahkan Prancis dalam partai final Piala Dunia 2022, Senin (19/12/2022) dini hari WIB. Foto: BR Football

Argentina akhirnya sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar, setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 di Lusail Stadium, Doha, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Capaian ini sekaligus menjadi sebuah happy ending bagi Lionel Messi Kapten dan superstar Argentina yang saat ini sudah berusia 35 tahun. La Pulga seolah-olah sukses menebus penantiannya, setelah pada edisi 2014 lalu kalah dalam partai final melawan Jerman.

Dalam pertandingan penuh drama tersebut, Argentina langsung tampil menyerang sejak awal babak pertama, menggempur barisan pertahanan Prancis yang dikomandoi Raphael Varane bek.

Berbagai peluang berhasil diciptakan Leo Messi dkk, salah satunya lewat aksi Alexis Mac Allister dengan tendangan jarak jauh tepat mengarah ke gawang Les Bleus yang dikawal Hugo Lloris. Namun, tendangannya sukses diamankan sang kiper dengan mudah.

Tak mau kalah, Prancis berusaha mengimbangi permainan offensive Tim Tango. Giliran Olivier Giroud yang mengancam lewat skema sepak pojok, namun bola tandukannya masih terlalu tinggi diatas gawang Argentina.

Petaka datang untuk Prancis, pada menit ke-22. Angel Di Maria yang berusaha menggocek bola, dijatuhkan oleh Ousmane Dembele di kotak terlarang.

Leo Messi yang bertugas sebagai Algojo, sukses melaksanakan tugasnya. Skor 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Unggul satu gol tak membuat skuat asuhan Lionel Scaloni itu mengendurkan serangan. Pada menit ke-36, lewat pola serangan balik Alvarez berhasil mengirimkan bola kepada Alexis Mac Allister yang langsung melakukan sprint tepat ke depan gawang Prancis.

Saat berhadapan satu lawan satu dengan Lloris, Mac Allister mengumpankan bola kepada Di Maria yang bebas tak terjaga di sayap kiri, yang dengan tenang langsung mengarahkan bola ke gawang Prancis. Tim Tango sukses menggandakan keunggulan 2-0 atas Les Bleus.

Prancis yang berusaha membalas selama sisa babak pertama, tak mampu menembus pertahanan Argentina yang dikomandoi Nicolas Otamendi bek. Babak pertama jadi milik Argentina.

Memasuki babak kedua, Prancis bergantian tampil lebih menyerang. Berbagai peluang berhasil tercipta lewat aksi Kylian Mbappe dan Kingsley Coman.

Tepat pada menit ke 70, Mbappe mencoba melesakkan tendangan jarak jauh keras setelah berhasil mengecoh banyak pemain tengah Argentina. Namun, tembakannya masih terlalu tinggi diatas gawang Tango yang dikawal Martinez kiper.

Dewi Fortuna seolah memihak Prancis di babak kedua ini. Tepatnya pada menit ke-79, Otamendi melanggar Kolo Muani dikotak penalti. Mbappe yang bertugas sebagai eksekutor sukses mencetak gol untuk membuat skor jadi 2-1.

Secara mengejutkan, selang tiga menit Mbappe berhasil mencatatkan lagi namanya ke papan skor dan membuat skor imbang 2-2. Pemain PSG itu sukses mengecoh para bek Argentina lewat sepakan voli kaki kanan meneruskan umpan Thuram.

Permainan pun harus dilanjutkan sampai extra time karena tidak ada tambahan gol tercipta sampai akhir babak kedua.

Memasuki paruh pertama babak tambahan, kedua tim saling bertukar serangan tapi tidak ada gol tercipta.

Namun, pada paruh kedua aksi saling balas gol terjadi. Lionel Messi sukses mencetak gol ketujuhnya dalam gelaran Piala Dunia 2022 ini pada menit ke-108, sebelum skor lagi-lagi disamakan oleh hattrick Kylian Mbappe lewat penalti-nya pada menit ke-117. Skor sama kuat 3-3, dan pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Dalam adu penalti, empat penendang Argentina yakni Messi, Dybala, Paredes dan Montiel sukses melaksanakan tugasnya. Sedangkan empat penendang Prancis, hanya Mbappe dan Muani yang sukses menyarangkan bola ke gawang lawan.

Sementara itu Lionel Messi resmi terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022. Golden Ball direbut Messi usai membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

Para pemain yang memperoleh gelar personal dalam Piala Dunia 2022. Foto: tangkapan layar

Berikut gelar personal yang diberikan kepada 4 pemain di Piala Dunia 2022:

FIFA Young Player Award – Enzo Fernandez
FIFA Golden Gloves – Emiliano Martinez
FIFA Golden Boots – Kyllian Mbappe
Player of the Tournament – Lionel Messi. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs