Jumat, 19 April 2024

Hajar Singapura 9-0, Timnas Indonesia U-16 Incar Kemenangan Selanjutnya Lawan Vietnam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Komang Ananta pesepak bola Timnas Indonesia U-16 I (kanan) melakukan selebrasi usai mencek gol ke gawang Timnas Singapura U-16 pada pertandingan AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). Foto: Antara

Tim nasional U-16 Indonesia melumat Singapura dengan skor 9-0, Rabu (3/8/2022) malam, yang membuat skuad “Garuda Asia” untuk sementara memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 melampaui Vietnam.

Gol-gol Indonesia pada laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, itu dilesakkan oleh Muhammad Nabil Asyura (tiga gol), Muhammad Kafiatur Rizky (dua gol), dan masing-masing satu gol disumbang oleh Mokhammad Hanif Ramadhan, Muhammad Riski Afrisal, Waliy Marifat dan I Komang Ananta Krisna Putra.

Hasil tersebut membuat Indonesia memimpin Grup A karena memiliki selisih gol (+11) lebih banyak daripada Vietnam (+9) di peringkat kedua meski sama-sama berpoin enam dari dua pertandingan. Adapun Singapura tetap berada di dasar klasemen dan Filipina bertengger di peringkat ketiga.

Pada laga tersebut, Bima Sakti pelatih tim nasional U-16 Indonesia masih mengandalkan penyerang berumur 14 tahun Arkhan Kaka yang didampingi Muhammad Nabil Asyura dan Azzaky Esa Erlangga di depan. Turun dengan formasi 4-3-3 kala menyerang dan 4-1-4-1 ketika bertahan, Indonesia tampil menekan dari awal pertandingan.

Skor pada babak pertama bahkan diakhiri oleh Timnas Indonesia dengan keunggulan skor 6-0. Sedangkan tiga gol lainnya berhasil tercipta di babak kedua.

Hasil tersebut, kata Bima Sakti, tidak membuat seakan-akan timnya akan mengendurkan semangat pada lanjutan Grup A. Bahkan, meski hanya butuh hasil imbang untuk ke semifinal piala AFF U-16 2022, pihaknya tetap mengincar kemenangan atas Vietnam pada laga terakhir Grup A.

“Kami akan terus berjuang. Kami mau menang melawan Vietnam,” ujar Bima selepas pertandingan dikutip Antara.

Bima mengatakan, pada Jumat (5/8/2022), skuad  “Garuda Asia” akan mempelajari permainan Vietnam saat menghantam Filipina 5-0, Rabu (3/8/2022), melalui rekaman video.

“Kami akan menonton video itu H-1 sebelum laga. Pada Kamis (4/8/2022), kami akan mengevaluasi pertandingan hari ini (melawan Singapura). Semoga pemain bisa memulihkan diri dengan cepat. Kami mesti waspada karena Vietnam tim yang bagus,” tutur pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Meski demikian, Bima menegaskan dirinya tidak mau mengaitkan pertandingan versus Vietnam dengan hal-hal di luar sepak bola. Hal tersebut pun ditekankan kepada pemain.

Seperti diketahui, Indonesia sempat mengajukan protes resmi kepada AFF terkait sikap Vietnam dan Thailand yang diduga tidak sportif saat kedua tim bertarung di Piala AFF U-19 2022 pada Juli.

Tindakan timnas U-19 Vietnam dan Thailand, yang disebut PSSI seperti tidak berniat memenangkan pertandingan ketika skor mereka imbang 1-1, membuat timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 itu. Buntut dari peristiwa tersebut, PSSI mempertimbangkan untuk keluar dari AFF.

“Saya juga memohon kepada media agar tidak membuat situasi semakin memanas. Saya pribadi sudah memberitahukan kepada pemain bahwa mereka harus menghormati lawan termasuk Vietnam. Ketika ada pemain yang jatuh, dalam situasi apapun, saya mengajarkan kepada pemain, mereka harus segera membuang bola ke luar lapangan. Saat ada pemain lawan yang jatuh, pemain mesti membantu,” pungkas Bima.

Pertandingan Indonesia versus Vietnam, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8), mulai pukul 20.00 WIB, akan menjadi penentu tim mana yang berhak lolos langsung ke semifinal Piala AFF U-16 2022. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs